Rabu, 16 Januari 2019

Menhan ke Prabowo: Seribu Tahun Kita Mampu Perang!

Loading...
Loading...
Menhan ke Prabowo: Seribu Tahun Kita Mampu Perang!

Bruniq.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu tidak menepis pidato Prabowo Subianto yang mengutip namanya soal Indonesia hanya bisa bertahan 3 hari jika perang. Namun Ryamizard menegaskan pernyataannya itu merujuk pada kondisi 10 tahun lalu.

"Itu waktu diskusi saya pada 10 tahun lalulah itu, pada waktu itu memang kondisi negara kelangkaan minyak, itu masalah minyak kok, kalau kita perang besar terus-menerus itu minyak habis, waktu itu kelangkaan minyak," kata Ryamizard di kantor Kemenhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Tetapi untuk konteks saat ini, Ryamizard menyatakan Indonesia siap jika berperang, bahkan hingga seribu tahun. Ryamizard mengimbau tidak perlu khawatir.


"Kalau untuk perang, kita 1.000 tahun eksis kok, kita perang sistemnya kita perang rakyat semesta, apa yang ada di bumi Indonesia itu kita gunakan, kita nggak usah khawatir berapa tahun berperang, 1.000 tahun kita mampu berperang," ujarnya.

Ryamizard kembali menjelaskan pertanyaannya kala itu soal kelangkaan minyak. Kapal hingga pesawat akan kehabisan bahan bakar jika perang terus-menerus terjadi selama 3 hari.

"Itu mengenai minyak semua itu, waktu itu memang kelangkaan minyak, kalau terus-menerus 3 hari 3 malam perang, pesawat jalan, kapal jalan terus waktu itu habis itu. Tapi lain-lain kita bisa 1.000 tahun perang bisa, 1.000 tahun. Jelas kok TNI mampu kok, semua kita mampu," tuturnya.

Saat ditanya apakah amunisi cukup bila berperang seribu tahun, Ryamizard mengatakan Indonesia bisa memanfaatkan semua sumber daya alam untuk pertahanan.

"Bukan. Kalau kita perang, kita perang di tempat sendiri. Jadi semua sumber daya alam semua apa itu adalah mendukung pertahanan kita. Jadi 1.000 tahun pun kita mampu. Saya bilang 3 hari itu waktu 10-12 tahun lalu, waktu ada krisis minyak segala macam, saya dengarkan orang-orang yang ahli minyak bicara begini saya sampaikan kesimpulan begitu," tuturnya.

Prabowo mengutip pernyataan Ryamizard saat pidato kebangsaan 'Indonesia Menang' di JCC Plenary Hall, Jakarta, Senin (14/1). Prabowo berbicara tentang tanggapan atas pidato-pidatonya selama ini, yang menyatakan harus optimistis, jangan pesimistis. Prabowo lalu berbicara tentang kondisi negara.

"Saudara-saudara sekalian, ada yang mengatakan jangan pesimis, harus optimis. Indonesia katanya akan bertahan 1.000 tahun lagi. Saudara-saudara, saya bertanya, apakah negara yang tidak mampu membayar rumah sakit, tidak mampu menjamin makan untuk rakyatnya, tidak membela petani, nelayan, pekerja, tentaranya tidak kuat, bisa bertahan 1.000 tahun?" kata Prabowo.

"Jangan-jangan bertahan 10 tahun sudah setengah mati kita," imbuhnya.

Prabowo mengatakan cadangan bahan bakar negara hanya 20 hari dan cadangan beras hanya 3 pekan. Mengutip Menhan, Prabowo mengatakan negara ini hanya bisa bertahan 3 hari jika dalam kondisi perang.

"Karena peluru hanya bertahan tiga hari. Bukan saya yang menyampaikan itu, tapi Menteri Pertahanan dari pemerintahan yang sekarang ini," ujar Prabowo.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post