Sabtu, 08 Desember 2018

Keinginan Gibran Mau Seperti Ayahnya Menjadi Politisi

Loading...
Loading...
gibran

Bruniq.com - Dalam acara santai bersama keluarga Presiden Jokowi di Restoran Green Garden, Bogor, Sabtu (8/12) terucap keinginan putra sulung Presiden, Gibran Rakabuming Raka yang tertarik menjadi politisi dikemudian hari.

Ia mengungkapkan, dirinya yang kini telah menjadi pengusaha, seperti yang dilakukan bapaknya sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo hingga sekarang menjadi orang nomor satu, sebagai Presiden ketujuh Republik Indonesia. "Sekarangkan Bapak sudah jadi politikus, saya lihat itu sebagai hal yang sangat dinamis ya," ucap Gibran.

Menjadi seorang pengusaha, diakui Gibran dituntut membantu masyarakat yang kurang mampu melalui program CSR dan jika hanya menjadi pengusaha maka dampak positifnya tidak dapat dirasakan seluruh masyarakat. Meski, ia menegaskan sudah mengeluarkan dana yang banyak.

"Kalau ingin menyentuh banyak orang, harus terjun ke dunia politik, kebijakan yang pro rakyat, sehingga bisa menyentuh banyak orang. Pengusaha yang sukses itu harus ada yang namanya pengembalian ke masyarakat," kata Gibran.

"Harus ada yang namanya pengabdian ke negara dan itu menurut saya sodaqoh, menurut saya, pengusaha bisa jadi politikus tapi politikus belum tentu bisa jadi pengusaha," lanjutnya.

Bagi Gibran, jabatan politik sebaiknya dimulai dari bawah dan tidak bisa langsung mencoba ke puncak karir politik seperti menjadi presiden. Pernyataan Gibran sekaligus, menimpali perkataan ayahnya, Presiden Jokowi yang membebaskan anaknya untuk menentukan pilihan jalan hidup, tetapi tetap menjalankan prinsip yang telah ditanamkan.

"Mereka sudah diberi kebebasan untuk menentukan pilihan kemana. Tapi tadi prinsip-prinsip, mereka sudah tahu semua. Apa yang boleh dan tidak boleh, misalnya tahu-tahu Kaesang mau nyalonin Presidendi 2024, ya enggak mungkin juga," kata Jokowi.

"Ya jangan seperti itu, dimulai dari bawah dulu, bupati, wali kota, gubernur. Ada jenjang kariernya, namanya transisi dari pengusaha ke politikus kan ada masa transisinya. Makanya harus mulai dari yang paling bawah dulu," saut Gibran menyela pernyataan Jokowi

Mendengar ucapan Gibran, Jokowi kemudian membenarkan jika ingin meraih puncak karir politik perlu memulai dari bawah, apalagi dirinya berasal dari seorang pengusaha. Jokowi pun menyampaikan, karir politiknya dimulai dari seorang wali kota, gubernur, dan sekarang sebagai presiden.

"Jadi jangan dianggap pandai mengelola bisnis, kemudian masuk ke pemerintahan langsung bisa sukses, belum tentu, karena berbeda, sangat berbeda. Lebih baik kalau dari bupati, wali kota, naik ke gubernur, memiliki sebuah jenjang, mengusai yang kecil, sedang, dan besar," papar Jokowi.

Sang adik, Kahiyang Ayu dalam kesempatan itu mengaku belum tertarik dan memikirkan untuk terjun ke dunia politik ke depannya. "Saat ini belum tertarik, soalnya ada yang lebih menarik daripada politik," ucap Kahiyang sembari tertawa.

Keinginan Gibran bukan hal luar biasa. Tercatat, para putra putri Presiden Republik Indonesia sudah lebih dulu meneruskan jejak orang tua terjun ke dunia politik. Presiden Pertama Soekarno, karir politknya diteruskan oleh putra putrinya.

Megawati Soekarnoputri yang tak lain Presiden Kelima RI, kemudian Guruh Soekarnoputra, Sukmawati Soekarnoputri, dan Rachmawati Soekarnoputri. Kemudian, cucu Bung Karno, Puan Maharani, Prananda Prabowo serta Puti Guntur Soekarno. Putri proklamator Bung Hatta, Halida Hatta pernah menjadi menjadi politisi, sebagai politisi Partai Gerindra. Namun, Halida kini sudah mengakhiri karir politiknya.

Putra putri Presiden Soeharto juga sudah lebih dulu terjun ke dunia politik. Siti Hardijanti Rukmana atau Mbak Tutut, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto dan Hutomo Mandalaputra atau Tomy Soeharto.

Kemudian putri Presiden Keempat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid. Dua putra Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga terjun ke dunia politik, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post