Senin, 24 Desember 2018

Ibunda Ungkap Masa Muda Jokowi, Ternyata Sewaktu Masih Muda Presiden Sangat Suka Melakukan Hal Lucu Ini

Loading...
Loading...


Bruniq.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) muda diketahui hobi naik gunung hingga mendengarkan musik metal. Semasa muda, Jokowi tidak pernah dikekang oleh ibundanya, Sudjiatmi Notomiharjo.

Hal itu diungkapkan oleh Sudjiatmi saat wawancara eksklusif dalam rangka Hari Ibu dengan detikcom di kediamannya di Solo, Jawa Tengah. "Saya selalu membebaskan. Dia jingkrak-jingkrak di kamar, saya nengok, terserah. Saya ndak pernah ngelarang-ngelarang. Anak itu biarin saja berkembang, apa adanya saja. Mau suka apa, saya cuma nengok ke kamarnya, jingkrak-jingkrak sendiri. Wong cowok sendiri, nggak ada temennya," kata Sudjiatmi saat Wawancara Eksklusif yang tayang di detikcom, Senin (24/12/2018).

Jokowi adalah anak sulung dari empat orang bersaudara, tiga orang adiknya perempuan. Sudjiatmi menuturkan jiwa kepemimpinan Jokowi terlihat mulai dari bangku SMP. Dia lalu mengulang kembali wejangannya ke Jokowi.

"Setelah SMP SMA mau mengatur-atur adiknya. Anak sulung. Kamu anak sulung, laki sendiri, harus bisa beri contoh adik-adikmu. Tiga kan perempuan semuanya. Contoh yang baik, bisa jadi teladan, bisa dicontoh adik adikmu," ucapnya.

Meski membebaskan hobi hingga pilihan karier Jokowi, Sudjiatmi tetap menegaskan nilai-nilai yang harus dipegang anaknya itu. Dia mengingatkan agar Jokowi selalu jujur dan bekerja keras.

"Dari kecil saya tanamkan, bila besok sudah besar, mau kerja apa boleh terserah pilihamu sendiri tapi harus dipegang, jujur dan mau kerja keras. Itu yg saya tanamkan sejak dulu. Juga tulus dan ikhlas. Dari dulu saya ingatkan, ingatkan, ingatkan," tutur Sudjiatmi.

"Terserah kamu pilih kerja apa, pilihanmu sendiri. Tapi itu harus kamu pegang sampai akhir hayat," tegasnya.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post