Kamis, 20 Desember 2018

Air Mata Hitam Fadli Zon dan Ahmad Dhani Melawan Tangan Besi

Loading...
Loading...
politik

Bruniq.com - Setelah liriknya diciptakan oleh Waketum Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR Fadli Zon, lagu 'Tangan Besi' pun dibuat video-klipnya. Fadli Zon hingga musisi yang kini politikus Gerindra Ahmad Dhani berdandan ala pantomim saat syuting video klip itu.

"Make up putih pantomim ini menggambarkan masyarakat atau rakyat yang hopeless, tertekan dan bahkan menangis karena intimidasi dan adu domba penguasa," kata Fadli seperti dilansir detikcom, Kamis (20/12/2018).

Fadli mengunggah proses pembuatan video klip itu lewat akun Twitter @fadlizon. Fadli mengunggah foto-foto dia bersama Ahmad Dhani, Fauzi Baadila, Sang Alang, Derry Sulaiman, hingga Neno Warisman. Fadli cs, kecuali Ustaz Derry, tampak berdandan ala pantomim dengan wajah putih.

Drama ala pantomim itu rupanya disebut Fadli memperlihatkan kondisi masyarakat. Ada titik-titik seperti air mata berwarna hitam.

"Kebebasan berpendapat, berserikat, dan berkumpul yang dijamin konstitusi dan UU ditindas oleh penguasa. Jadi kami tak mewakili diri kami tapi masyarakat yang terintimidasi, orang-orang yang dipersekusi, dikriminalisasi. Makanya dalam make up putih tersebut ada air mata hitam," tutur Fadli.

Politikus Gerindra Andre Rosiade lantas mengintepretasikan titik-titik air mata. Menurut dia itu bermakna ekonomi masyarakat yang semakin sulit.

"Di mana masyarakat merasakan tingginya harga kebutuhan bahan pokok maupun sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan. Masyarakat merasakan indikasi bahwa hukum itu hanya tajam ke pihak oposisi, tapi tumpul ke pihak yang pro terhadap penguasa," sebut Andre.

Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago kemudian mengkritik aksi Fadli cs itu. Irma menganggap Fadli yang merupakan Wakil Ketua DPR justru minim prestasi dengan aksi membikin video klip.

"Biasalah, cuma cari panggung. Politisi yang tidak berprestasi memang harus cari panggung biar bisa terus jadi berita. Maklum, miskin prestasi dan ide," kata Irma.

Wasekjen PKB Daniel Johan memandang lagu 'Tangan Besi' Fadli Zon tak relevan dengan demokrasi saat ini. Kebebasan berpendapat bahkan dijamin oleh undang-undang.

"Nggak relevan, tangan besi bagaimana? Indonesia negara demokrasi terbesar kok," kata Daniel.

Sempat Dimaknai Lagu Tentang Orde Baru

Sebelum video klip dibuat, lirik lagu 'Tangan Besi' bikinan Fadli Zon sempat dimaknai sebagai peringatan akan bahaya pemerintahan Orde Baru oleh Ketua DPP NasDem Irma Suryani. Menurut Irma, tangan besi Orde Baru terbukti dari adanya pemberedelan media massa.

"Fadli sedang memberi peringatan pada rakyat Indonesia, tentang bahaya tangan besinya Orde Baru sepertinya," ujar Irma saat dimintai tanggapan oleh detikcom, Sabtu (8/12).

Menurut Irma era Orde Baru paling nampak menunjukkan sikap tangan besi, bukannya Jokowi. Dia juga menyebutkan beberapa bentuk tangan besi Orde Baru.

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso kemudian menanggapi penilaian Irma. Bagi Priyo, tak perlu menyeret-nyeret Orde Baru terkait lagu buatan Fadli Zon ini.

"Ditujukan kepada siapa itu lirik lagu, ya hanya Fadli Zon yang tahu. Publik hanya bisa tersenyum dan mungkin menebak-nebak. Tidak perlu over-reaktif dan marah-marah sampai ke Orde Baru segala seperti dikatakan Bu Irma NasDem," ujar Priyo dilansir detikcom, Minggu (9/12).

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post