Minggu, 18 November 2018

Warga Percaya Kemunculan Buaya di Bengawan Solo Karena Sebab Ini

Loading...
Loading...


Bruniq.com - Penampakan buaya di Bengawan Solo memunculkan cerita di masyarakat. Munculnya buaya itu diyakini terkait dengan sedekah bumi beberapa waktu lalu.

"Kami bertanya-tanya kenapa kok bisa muncul buaya di sini. Ini peristiwa yang ganjil selama kami tinggal di sini," ujar salah satu warga, Mbah Supari, kepada detikcom saat ditemui di rumahnya di Dusun Jepuro, Desa Ngadipuro, Kecamatan Widang, Tuban, Minggu (18/11/2018).
Mbah Supari mengatakan setelah itu ada banyak di omongan di kalangan warga dusun. Banyak warga dusun yang mempercayai bahwa kemunculan buaya itu berkaitan dengan sedekah bumi beberapa waktu lalu. Ada ritual di sedekah bumi yang tidak dilakukan oleh warga.

Saat sedekah bumi itu, kata Mbah Supari, warga tidak melarung sesaji berupa nasi dan ayam panggang ke sungai. Hal itu yang diyakini warga terkait dengan kemunculan buaya di Bengawan Solo.

" Iya memang banyak warga sini yang ngomong kalau sedekah bumi sekitar dua bulan lalu tidak diberi makanan. Biasanya khan sebelumnya ada yang beri satu encek ( nampan) dilarung ke bengawan, trus ada buaya yang makan," kata Mbah Supari.

Biasanya, kata Mbah Supari, sesaji itu selalu dilarungkan ke sungai. Tapi entah kenapa sedekah bumi kemarin tidak. Mbah Supari hanya mendengar bahwa panitia sedekah bumi yang meminta warga untuk membawa kembali nasi dan lauknya pulang untuk dimakan di rumah.

"Semoga ini bukan pertanda apa-apa dengan munculnya buaya di Bengawan Solo," tandas Mbah Supari.

Warga Dusun Jepuro Desa Ngadirejo Kecamatan Widang Tuban melihat penampakan buaya di Bengawan Solo. Tidak hanya satu, warga melihat ada enam buaya yang muncul di permukaan air. BKSA sudah mengantisipasi penampakan itu dengan akan memasang papan peringatan dan berpatroli. Polisi juga memasang garis polisi di area yang terlihat penampakan buaya.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post