Kamis, 15 November 2018

Jokowi akan Resmikan 'Markas Avengers' di Papua Jumat Ini

Loading...
Loading...


Bruniq.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan meresmikan kapsul waktu yang dibangun di Merauke, Papua pada Jumat (16/11) ini. Monumen yang sempat viral karena mirip dengan markas Avengers tersebut berisi kapsul yang di dalamnya ada kumpulan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia untuk 70 tahun mendatang yang dibawa secara estafet mulai dari Aceh hingga ke ujung Timur Indonesia di Merauke, Papua.

"Iya, Jumat ini," kata Dirjen Cipta Karya Danis H Sumadilaga saat dihubungi detikFinance, Rabu (14/11/2018).

Danis bilang, pembangunan fisik monumen kapsul waktu tersebut sudah rampung dan menyisakan beberapa sisa pekerjaan berupa beautifikasi.

"Kita sudah selesai. Tinggal perapihan, taman, dan pagar. Kalau bangunannya sudah selesai," katanya.

Selain meresmikan Kapsul Waktu, Jokowi rencananya juga akan meninjau lokasi pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang baru di Sotta, Merauke. PLBN tersebut akan menjadi PLBN kedua di Papua yang dirombak setelah PLBN Skouw di Jayapura.

Adapun pembangunan monumen kapsul waktu dibagi dalam beberapa tahap, dimulai pada tahun 2016 berupa pekerjaan pondasi dengan anggaran Rp 7 miliar. Pekerjaan dilanjutkan tahap II sejak Juli 2017 lalu.

Lokasi monumen berada di depan Kantor Bupati Merauke dan dekat Bandara Mopah sehingga akan menjadi landmark baru Kabupaten Merauke yang dapat dilihat saat pesawat mendarat. Luas kawasan 2,5 ha terdiri dari 1 ha adalah area monumen dan 1,5 ha digunakan sebagai alun-alun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ide pembangunan monumen untuk menyimpan kapsul waktu ini berasal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada HUT-70 Kemerdekaan Indonesia pada tahun 2015 dan akan kembali dibuka pada 70 tahun mendatang.

"Kebetulan saya hadir saat dimulai di Sabang dan ikut menerima di Kalimantan Timur dan Merauke. Kami ditugasi membangun monumen untuk menyimpan kapsul waktu yang akan dibuka pada tahun 2085," jelas Basuki beberapa waktu lalu.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post