Rabu, 10 Oktober 2018

Semua Anak Amien Rais Ramai-ramai Nyaleg di Pemilu 2019

Loading...
Loading...


Bruniq.com - Putra dan putri politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, ramai-ramai mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Ada empat dari lima anak Amien Rais yang diketahui berlaga di pileg 2019.

Keempat anak dari Ketua Dewan Kehormatan PAN ini adalah Ahmad Hanafi Rais, Hanum Salsabiela Rais, Ahmad Mumtaz Rais, dan Ahmad Baihaqy Rais. Mereka nyaleg di DPR RI dan DPRD DIY dengan dapil yang berbeda-beda.

Ahmad Hanafi Rais, anak pertama Amien Rais diketahui nyaleg sebagai anggota DPR RI dengan dapil DIY, meliputi Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Kulon Progo, Sleman, dan Kota Yogyakarta. Hanafi adalah caleg petahana PAN.
Sementara anak ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais dikabarkan juga maju nyaleg untuk DPR RI dapil Jawa Tengah VI. Sementara diketahui bersama Mumtaz Rais adalah menantu dari Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

Selanjutnya, anak kedua Amien Rais yakni Hanum Salsabiela Rais diketahui nyaleg sebagai anggota DPRD DIY. Pada pileg 2019, dia akan berebut suara di dapil Sleman Timur atau dapil 6 DIY. Sementara kendaraan politiknya juga PAN.

"Mbak Hanum dapat nomor urut 1 di dapil 6, jadi masuk dapil Sleman Timur," jelas Kepala Devisi Teknis KPU DIY, M Zainuri Ikhsan saat ditemui detikcom di ruang kerjanya, Rabu (10/10/2018).

Terakhir Ahmad Baihaqy Rais, anak bungsu atau anak kelima Amien Rais ini juga diketahui nyaleg untuk DPRD DIY. Dia akan bertarung di dapil 4 Kulon Progo nomor urut 2 dengan kendaraan politik PAN.

"Benar, Ahmad Baihaqy Rais tercatat di dapil 4 Kulon Progo nomor urut 2," tutur Zainuri.

Zainuri menjelaskan, pencalegan anak-anak Amien Rais sah secara konstitusional. Sebab, tidak ada aturan yang melarang pihak bersaudara bersama-sama mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di DPR RI maupun DPRD.

"Ya karena nggak ada aturan, tidak ada aturan (yang melarang). Karena semua orang punya hak (nyaleg). Itu (pencalegan anak-anak Amien Rais) dibolehkan oleh undang-undang," pungkas dia.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post