Sabtu, 06 Oktober 2018

Presiden Jokowi Buka Asian Para Games 2018

Loading...
asian para games, 2018

Bruniq.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan membuka secara resmi Asian Para Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu, 6 Oktober 2018. Dia akan hadir bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Acara pembukaan dijadwalkan dimulai pukul 19.00 WIB. Dalam upacara pembukaan nanti akan disuguhkan sejumlah pertunjukan. Salah satunya pertunjukan batik. Panitia juga menyuguhkan tarian dan nyanyian. Selain itu, akan ada parade atlet.

Asian Para Games 2018 mengangkat tema Inspiring Spirit And Energy of Asia. Ajang olahraga itu digelar 6-13 Oktober 2018.

Acara Pembukaan Asian Para Games 2018 nanti akan mengusung konsep We Are One, dengan tagline 'Keberagaman Kita, Kekuatan Kita'.

"We Are One adalah filosofi, cara hidup, manifesto, kehidupan yang inlkusif," tertulis dalam keterangan dari Indonesian Para Games Organizing Comitee (INAPGOC).

Seluruh rangkaian acara dilakukan di logo berbentuk lingkaran yang merepresentasikan keharmonisan negara-negara di Asia. Dengan tujuan mengukuhkan Asia, yang berisi bangsa yang beragam namun tetap satu. Serta tetap berbagi mimpi yang sama.

Adapun dalam hal ini Indonesia diklaim sebagai bangsa yang cocok merepresentasikan frasa We Are One. Pasalnya Indonesia tak hanya menerima keragaman, tapi juga merayakan perbedaan.

"Dari satu, lahir beragam karya, dari keberagaman lahir persatuan," ungkap INAPGOC.

Upacara pembukaan ini melibatkan 849 pemeran yang akan memerankan 2.604 karakter. 40 diantaranya akan diisi oleh penyandang disabilitas. Dibantu oleh tim berkekuatan 207 orang.

Selain manusia akan digunakan 4.816 properti 1.304 kostum, dan 514 topi untuk memeriahkan pembukaan pesta olahraga para penyandang disabilitas terbesar se-Asia ini.

Gelaran Asian Para Games ke-3 ini mempertandingkan 18 cabang olahraga dengan 8 cabang pertandingan. Sebanyak 3.000 atlet dari 43 negara peserta akan berpartisipasi dalam perhelatan tersebut.

Asian Para Games pertama kali digelar di Guangzhou, Cina, pada 2010. Empat tahun kemudian ajang tersebut digelar di Incheon, Korea Selatan. Indonesia kemudian menjadi tuan rumah ketiga.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post