Jumat, 05 Oktober 2018

Kronologi Ratna Sarumpaet yang Akhirnya Dibiayai Pemprov DKI ke Cile

Loading...
ratna

Bruniq.com - Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) DKI Jakarta membenarkan jika keberangkatan aktivis Ratna Sarumpaet menuju Cile dibiayai oleh APBD DKI. Pembiayaan keberangkatan itu diberikan setelah Ratna mengajukan disposisi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Pemprov DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, pada 17 Oktober 2017 Ratna mengirimkan letter of invitation kepada Pemprov DKI. Dalam suratnya panitia penyelenggara mengundang Ratna sebagai salah satu juru bicara dan ikut membagikan pengalamannya kepada para peserta pada acara The 11th Women Playrights International (WPI) Conference 2018 di Santiago, Cile.

"Baru 31 Januari 2018, kami menerima surat permohonan. Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI," kata Asiantoro saat dikonfirmasi, Kamis (5/10/2018).

Dalam surat dengan perihal permohonan sponsor tersebut, Ratna Sarumpaet menjelaskan bahwa konferensi itu adalah kongres tiga tahunan yang digelar di berbagai negara. Ratna mengaku sebagai salah satu anggota senior di kongres tersebut.

Surat permohonan yang dikirimkan Ratna baru diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan pada 19 Februari 2018. Setelah menerima surat, selanjutnya surat itu didisposisikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. “Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Parbud adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan,” lanjut Asiantoro.

Setelah itu, barulah surat dilanjutkan disposisi ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya. Kemudian ditindaklanjuti dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD) dikarenakan biaya perjalanan dinas merupakan tupoksi Biro ASD.

Salam hal ini, seluruh kegiatan Ratna menuju Cile dibantu oleh Disparbud, mulai dari pengaturan perjalanan hingga koordinasi dengan pihak panitia WPI. Nama Ratna juga telah tercantum pada laman Instagram resmi WPI sebagai salah satu pembicara pada acara itu yang dihelat pada 7 Oktober hingga 12 Oktober di Cile.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post