Kamis, 11 Oktober 2018

Kerap Layani Beli BBM Pakai Jurigen, SPBU di Jambu Dua Bogor Terbakar

Loading...
Loading...


Bruniq.com – SPBU 34-16109 di Jalan KS Tubun, Jambu Dua terbakar Kamis (11/10/2018) malam. Kebakaran ini menghanguskan SPBU yang lokasinya dekat ke Jalan tol BORR.

Hasil pemeriksaan sementara, api diduga berasal dari percikan api yang berasal dari motor saat dihidupkan. Motor ini menurut informasi, sedang mengisi bahan bakar di jurigen. Saat motor dihidupkan, terjadi percikan api dan langsung menyambar selang berisi bahan bakar.

“Tidak ada korban. Namun SPBU habis terbakar. Yang bawa motor yang isi bensin di jurigen kabur. Motor bersama bahan bakar yang sudah ada dalam jurigen hangus terbakar,” kata Rahmad S, Satpam Informa yang bersebelahan dengan SPBU.
Hotman, anak pemilik SPBU dilokasi mengatakan, pihaknya akan memanggil tenaga ahli, guna melakukan pengecekan alat di mesin mereka. “Besok tenaga ahli kami panggil. Ini untuk mengecek, apakah api benar dari alat kami atau percikan api dari motor saat dihidupkan. Kerugian belum kami taksir. Semua pegawai masih panik dan ketakutan,” kata Hotman.

Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Agah Sanjaya dilokasi mengatakan, di SPBU ini terdapat 6 mesin untuk mobil dan 1 mesin untuk jalur motor.

“Yang terbakar yang di jalur motor. Informasi masih simpang siur. Ada yang bilang motor yang isi bahan bakar di jurigen yang terbakar hingga api membakar pom bensin. Ada yang bilang ada motor yang sedang isi bensin lalu ada percikan api saat mesin hidup. Apakah dari mesin atau motor,  sedang diselidiki,” kata Kompol Agah.

Beberapa warga termasuk security menegaskan, api dari motor yang sedang mengisi bahan bakar di jurigen. Saat ada percikan, api  langsung menyambar totem Pertalite yang selangnya sedang mengalir bahan bakar.

Api lalu menyambar melalui selang lalu masuk kedalam lubang penampungan bahan bakar. Seketika api membesar dan sulit terkendali. Lima mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kota Bogor yang diterjunkan ke lokasi, mampu memadamkan api setelah berjibaku selama hampir dua jam.

Diketahui, pom bensin memang ini, kerap melayani pembelian lewat jurigen. Walau hal ini kerap sudah dilarang kepolisian, namun terus berlangsung.  Hasil olah TKP, motor dengan nopol F 3939 DN kawasaki Ninja ludes tinggal rangka.

Kepala Bidang Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Marse Hendra mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 17:30 WIB sore tadi. Saat itu, terdapat seorang pemotor yang membeli BBM jenis Pertalite menggunakan dirijen.

“Awalnya ada motor isi bensin pakai dirijen. Dugaan sementara, ada percikan api dari motor menyambar dan langsung membakar motor dan mesin pengisian,” kata Marse, kepada Pos Kota, Kamis (11/10/2018).

Saat ini, peristiwa kebakaran tersebut sudah ditangani oleh pihak kepolisian untuk mencari pemotor yang mengisi BBM dengan dirijen karena malarikan diri.  Akibat kejadian ini, membuat kemacetan panjang karena banyak masyarakat yang ingin melihat kejadian tersebut

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post