Jumat, 12 Oktober 2018

Jokowi Pidato Sebut 'Game of Thrones' Para Pemimpin Ekonomi Dunia Terpukau, Erick Thohir Sumringah Bilang Begini

Loading...
Loading...


Bruniq.com  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan analogi hubungan antarnegara maju ibarat serial 'Game of Thrones' di pertemuan IMF-World Bank. Pidato tersebut mendapat pujian dari Erick Thohir selaku Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Presiden Joko Widodo menggambarkan dengan analogi situasi dunia saat ini sama seperti cerita 'Game of Thrones'. Tujuh kingdom memperebutkan Iron of Throne. Beberapa elite families (kelompok elite) terlibat. Ketika puncak keributan terjadi, ancaman besar yang tidak pernah diperhitungkan muncul dari Evil Winter, yang ingin merusak dan menyelimuti dunia dengan es dan kehancuran," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/10/2018).
Erick berpendapat pidato yang disampaikan Jokowi merupakan pesan moral kepada pemimpin dunia untuk bekerja sama dan berkolaborasi menghadapi tantangan, seperti ancaman global. Sebab, dunia saat ini dihadapi dengan opsi bersaing dan bekerja sama.

"Sekali lagi, Presiden Jokowi menunjukkan kelasnya sebagai pemimpin dunia. Presiden Jokowi mengajak para pemimpin dunia dan pembuat kebijakan agar mengedepankan kerja sama, dan kolaborasi adalah jawaban atas masalah dan ancaman bersama," tutur Erick.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi mengingatkan pemimpin dunia bersiap menghadapi ketidakpastian global. Pria kelahiran Surakarta ini pun mengutip istilah 'winter is coming' dari film 'Game of Thrones'.

"Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara yang tengah tumbuh juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar. Dengan banyaknya masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa: winter is coming," ujar Jokowi dalam plenary session IMF-WB 2018 di Nusa Dua Hall, Bali, Kamis (11/10).

"Namun akhir-akhir ini, hubungan di antara negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti 'Game of Thrones'. Balance of powerdan aliansi di antara negara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan," imbuh Jokowi.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post