Minggu, 07 Oktober 2018

Hasil Survei SMRC Jokowi Melesat Tinggi Unnguli Prabowo, PAN Beri Respon Bilang Begini

Loading...


BRuniq.com  - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei nasional terhadap elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2019 dengan hasil pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin jauh mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. PAN, partai pengusung Prabowo-Sandi, mengatakan survei tersebut akan menjadi catatan koalisinya.

"Jadi catatan bagi kami agar kami bisa melakukan upaya-upaya khusus dalam rangka melakukan komunikasi pada pemilih, meyakinkan pemilih tentang visi misi program," ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi di Kantor SMRC, Jalan Cisadane, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/10/2018).
Baca juga: PSI: Prabowo Sudah 3 Kali Pakai Hoax untuk Bersikap
Lagipula, kata Viva, pertarungan masih panjang. Terhitung masih ada waktu sekitar 6,5 bulan bagi tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi untuk melakukan strategi-strategi guna meningkatkan elektabilitas paslonnya.

"Model kampanye tentunya berkaitan juga dengan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara yaitu aspek ideologi sosial, budaya, politik, pendidikan, kesehatan, keamanan dan seluruhnya," katanya.

"Juga ada aspek ekonomi, bahkan itu yang lebih utama yang akan jadi penentu bagi pemilih untuk menentukan paslon yang akan dipilih. Jadi faktor-faktor itu semuanya akan kita jadikan sebagai langkah-langkah sistematis, yang isu sentral dalam rangka proses pendidikan masyarakat yang mencerdaskan," imbuh Viva.
Baca juga: Head to Head Survei Capres SMRC: Jokowi 60,2%, Prabowo 28,7%
Untuk itu, Viva meminta SMRC untuk menyurvei segmentasi yang berkaitan dengan faktor ekonomi di masyarakat petani khususnya. Sebab, petani merupakan pemilih silent majority.
"Mereka memiliki kecenderungan sebagai masyarakat pemilih yang cerdas, tiap hari mereka melihat Tv meskipun tak main sosmed, sehingga bisa melihat tren kecenderungan kebijakan-kebijakan pemerintah. Itulah yang akan mempengaruhi perilaku pemilih mereka di April 2019," katanya.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis SMRC, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin meraih perolehan suara 60,4% jauh mengungguli Prabowo Subianto Sandiaga Uno 29,8%. Survei dilakukan pada 7-14 September 2018.
Baca juga: SMRC: Kasus Ratna Tak Kurangi Suara Prabowo, Tapi Bikin Sulit Nambah
Survei dilakukan pada 1.220 responden dengan response rate 1.074 responden. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. Margin of error +- 3,05 persen.

Berikut hasil survei elektabilitas capres-cawapres:

Jokowi-Ma'ruf Amin: 60,4%
Prabowo-Sandiaga: 29,8%
Tidak tahu atau rahasia: 9,8%

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post