Sabtu, 06 Oktober 2018

Cerita Ma'ruf Amin soal Kondisi Tubuhnya di Tengah Kepadatan Jadwal

Loading...
Loading...


Bruniq.com - Hampir setiap hari Ma'ruf Amin memiliki sejumlah kegiatan usai ditetapkan sebagai calon wakil presiden nomor urut 01 mendampingi Presiden Joko Widodo sebagai calon petahana.

Tak jarang Ma'ruf harus berpergian ke daerah-daerah mengikuti beragam kegiatan yang telah menantinya.

Dalam sejumlah kesempatan, ia sering mengakui dirinya memang sudah tua. Meski demikian, di usianya yang sudah menginjak 75 tahun, Ma'ruf menilai dirinya seperti sosok yang masih muda.
Ma'ruf mengaku tak ada kegiatan atau resep khusus untuk menjaga kesehatannya. Ia juga mengatakan tak suka dipijat.

"Kalau dipijat malah tidak enak. Ramuan khusus juga tidak," kata Ma'ruf didampingi istrinya, Wury Estu Handayani di Hotel Nabasa, Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (6/10/2018).

Ia berkelakar resep kesehatannya hanya bersikap santai di sela-sela kegiatannya. Saat berpergian Ma'ruf merasa tak ada beban karena ia senang ketika bertemu dengan berbagai elemen masyarakat.

"Memang sejak muda saya selalu bergaul, bersosialisasi dengan masyarakat. Kan saya bergerak di ormas, di MUI, di NU sejak kecil. Jadi memang karena kebiasaan itu kemudian kalau berpergian tidak menjadi beban," kata Ma'ruf sambil tertawa.

Namun, Ma'ruf mengatakan dirinya harus mencuri-curi waktu untuk tidur di sela-sela perjalanannya. Hal itu untuk memastikan dirinya memiliki waktu istirahat yang cukup.

Terkait pola makan, kata Ma'ruf, ia harus mengurangi makanan berkabohidrat. Pola makannya diawasi oleh sang istri.

"Karena saya kan sudah ada (penyakit) gula, jadi memang mengurangi karbohidrat. Karena di samping saya ini suka ngontrol," cerita Ma'ruf yang membuat istrinya tertawa.

Di sisi lain, Ma'ruf mengatakan saat ini tak sempat berolahraga. Sebab, belakangan ini ia sering melayani tamu-tamu yang mendatangi kediamannya sejak pagi.

"Tidak sempat lah, tamu itu kalau di rumah kalau jam 6 sudah ada tamu. Tapi ada sepeda (statis)," katanya.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post