Jumat, 14 September 2018

Koalisi Prabowo-Sandiaga Usulkan Debat Pakai Bahasa Inggris, Iwan Fals Angkat Bicara

Loading...


Bruniq.com -- Musisi Tanah Air Iwan Fals mengomentari usulan koalisi partai politik pengusung bakal capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno agar debat menggunakan Bahasa Inggris.

Iwan Fals sepertinya lebih setuju jika debat tetap dilakukan dalam Bahasa Indonesia.

Hal itu terlihat dari cuitannya di akun Twitter-nya yang terverifikasi, @iwanfals, Jumat (14/9/2018).
Iwan Fals menuliskan 'jangan dong' pada artikel yang berjudul 'Koalisi Prabowo-Sandiaga Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris'.

Alasannya pun tampak cukup sederhana, ia mengatakan sebab dirinya tidak mengerti.

"Yaaah jangan dong, sy gak ngerti," tulisnya dilansir TribunnewsBogor.com di hari yang sama.

Cuitan Iwan Fals

Dikutip dari Kompas.com, Koalisi partai politik pengusung bakal capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengusulkan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar satu sesi debat capres-cawapres dengan menggunakan bahasa Inggris. "Boleh juga kali ya.

Ya, makanya hal-hal rinci seperti itu perlu didiskusikan," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Rumah Pemenangan PAN, Jalan Daksa, Jakarta, Kamis (13/9/2018) seperti dikutip Antara.

Yandri menuturkan, pemimpin Indonesia bakal bergaul dan banyak berbicara di forum internasional yang memerlukan penggunaan bahasa Inggris.

Untuk itu, kata dia, bahasa Inggris di debat capres-cawapres menjadi tak masalah meski di UU tentang Kebahasaan pidato resmi wajib disampaikan dalam Bahasa Indonesia.

"Namun karena presiden bergaul di dunia internasional, supaya tidak ada kesalahan komunikasi dan salah tafsir dari lawan bicara, ya memang penting juga calon presiden matang dalam menguasai bahasa luar dari bahasa Indonesia itu," ujarnya lagi.

Usulan ini, kata Yandri, mesti dibahas bersama KPU. Termasuk soal aturan teknisnya.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post