Sabtu, 15 September 2018

Ini Toilet Novanto di Sukamiskin, Bagus Mana dengan Toilet Rumahmu?

Loading...


Bruniq.com - Berdasarkan hasil sidak Ombudsman, terungkap kamar sel terpidana kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto terbilang mewah, lebih besar dan bagus dari sel lainnya. Di kamar mandinya pun tersedia kloset duduk.

Dari foto-foto yang diperoleh detikcom dari Ombudsman, kamar sel bekas Ketua Umum Partai Golkar itu ternyata terbilang mewah dan lebih luas. Di dalamnya ada kasur dan seprai berwarna putih serta exhaust fan. Ada pula rak buku hingga meja kerja lengkap dengan kursinya.

Saat ditanya, anggota Ombudsman Nanik Rahayu mengaku tidak tahu pasti ukuran kamar sel Novanto. Namun, menurutnya, luasnya dua kali lebih besar dari sel lainnya. Di kamar Novanto juga tersedia kloset duduk.

Dari foto yang dikirimkan Nanik, kamar mandi di kamar sel Novanto tampak bersih dengan lantai dan dinding dari keramik. Di situ memang terlihat ada kloset duduk berwarna putih gading. Sebuah handuk tampak tergantung di kloset tersebut.
Ini Toilet Novanto di Sukamiskin, Bagus Mana dengan Toilet Rumahmu?Kloset duduk di sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin (dok Ombudsman)

Kondisi di sel Novanto ini berbeda dengan sel lainnya di Lapas Sukamiskin. Sebuah foto memperlihatkan sel kecil berukuran sekitar 2x1,5 meter. Kamar sel itu tampak kusam. Di dalam hanya ada satu kasur busa lusuh, yang jaraknya sangat dekat dengan kloset jongkok. Lubang tempat 'buang hajat' di sel itu tampak ditutup, kemungkinan untuk mengurangi bau. Sajadah dan celana tampak tergantung. Di bawah kolong tempat tidur ada sejumlah barang berserak.

Ini Toilet Novanto di Sukamiskin, Bagus Mana dengan Toilet Rumahmu?Kondisi kamar sel dan toilet di sel lain di Lapas Sukamiskin (dok Ombudsman)

Di foto lain, ukuran kamar selnya jauh lebih kecil. Tak tampak tempat tidur busa, melainkan hanya dipan kayu. 

Menurut Nanik, di Sukamiskin, kamar yang lebih 'wah' memang milik Novanto. Kamar sel Nazaruddin, menurutnya, tidak sama dengan kondisi sel Novanto, meski dia tidak menceritakan lebih jauh seperti apa detailnya saat ditanya. Nanik hanya mengungkap kamar sel yang mirip-mirip sel Novanto adalah sel milik napi korupsi yang juga mantan Kakorlantas Polri, Djoko Susilo.

"Beda-beda modelnya ya, tapi yang luas itu kelihatannya punya Pak Djoko Susilo. Dia tapi pakai sliding ya. Jadi nggak kelihatan separuh. Separuh untuk aktivitas kayak gitu, yang separuh lagi kayaknya kamar. Kalau AC nggak. Jadi pakai exhaust ya," ucapnya.

Meski kamar sel Novanto lebih luas, Ninik mengaku tak menemukan barang mewah di sel tersebut, seperti televisi. Dia memastikan kamar ditempati Novanto berbeda dengan yang terlihat dalam tayangan Mata Najwa, yang saat itu ikut sidak bersama Dirjen Pas Sri Puguh Budi Utami.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post