Sabtu, 15 September 2018

Bandingkan dengan Yohana Yembise, Jokowi Sebut Menteri Susi Pudjiastuti Aktif dan Galak

Loading...


Bruniq.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta pada Jumat (14/9/2018).

Dilansir TribunWow.com, agendanya ini pun diunggah di akun Instagram @jokowi pada Sabtu (15/9/2018).

Mengenakan kemeja batik cokelat, Jokowi tampak berfoto dengan hadirin serta sejumlah wanita Indonesia yang ia sebut sebagai 'Ibu Bangsa'.

Dalam caption-nya ia menuliskan bahwa sejak Indonesia berdiri, banyak tokoh perempuan yang menjadi inspirasi bangsa.

Mereka adalah Laksamana Malahayati, Dewi Sartika, Ibu Kartini, Christina Martha Tiahahu, serta pejuang toleransi yang merupakan istri dari mendiang Gus Dur, Sinta Nuriyah.

Jokowi menuliskan bahwa dalam sambutannya ketika membuka acara tersebut, ia menyampaikan jika ada delapan menteri yang duduk di Kabinet Kerja.

Mereka adalah Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri PPPA Yohana Yembise, serta Menteri BUMN Rini Soemarno.

Menurut Jokowi, dari kedelapan nama menteri perempuan tersebut, ada yang lemah lembut seperti Yohana Yembise dan Nila Moeloek.

Kendati demikian, ada pula menteri yang menurutnya aktif dan galak, misalnya Susi Pudjiastuti.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyoroti prestasi atlet perempuan pada ajang Asian Games 2018 lalu.

Dari total 31 medali emas yang diraih Indonesia, 12 di antaranya adalah sumbangsih dari atlet perempuan.

Terakhir, Jokowi memberi pesan kepada seluruh perempuan Indonesia untuk menjadi Ibu Bangsa yang mendidik anak-anak sebagai penerus bangsa, menjaga moral keluarga, dan lain sebagainya.

"Sejak berdirinya, Indonesia sudah memiliki banyak sekali perempuan yang menjadi inspirasi bangsa, tokoh-tokoh perempuan yang diabadikan dalam sejarah: dari Laksamana Malahayati, Dewi Sartika, Ibu Kartini, Christina Martha Tiahahu, dan banyak lagi.

Sekarang pun begitu. Kita juga punya tokoh seperti Ibu Sinta Nuriyah, tokoh pejuang toleransi nasional.

Membuka acara Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta, kemarin, saya menyampaikan bahwa ada delapan menteri perempuan di Kabinet Kerja sekarang. Ada yang lemah lembut seperti Bu Yohana Yembise dan Nila Moeloek, ada juga yang aktif dan galak seperti Bu Susi Pudjiastuti.

Di Asian Games 2018 lalu, dari 31 medali emas Indonesia, sebanyak 12 medali disumbangkan oleh para atlet perempuan. Kita punya spider women pemanjat tebing Aries Susanti dan Puji Lestari, ratu wushu Asia Lindswell Kwok, dan lain-lain. Dan nanti di Asian Para Games 2018, kita menunggu kiprah pelari Nanda Mei Solihah, atlet angkat besi Ni Nengah Widiasih, atlet tolak peluru Suparni Yati, atau perenang Laura Dinda, dan banyak lagi.

Kepada perempuan-perempuan Indonesia, jadilah Ibu Bangsa. Yang mendidik anak-anak sebagai penerus masa depan bangsa, yang memperbaiki mentalitas bangsa, yang menjaga moral keluarga, yang menjaga alam untuk cucunya, serta yang menggerakkan ekonomi keluarga untuk masyarakat," tulis Jokowi.

Melansir Tribunnews, turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara ini, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post