Kamis, 09 Agustus 2018

Ma'ruf Amin, Seorang Kiai Banten yang Jadi Cawapres Jokowi

jokowi, ma'ruf amin, pilpres, 2019

Bruniq.com - Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan bakal calon wakil presidennya untuk Pilpres 2019. Jokowi memilih Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya bertarung di pilpres tahun depan.

Ma'ruf saat ini menjabat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia. Pria kelahiran Tangerang, 11 Maret 1943 ini pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang.

Sebelum menjadi Ketua Umum, Ma'ruf pernah menjadi Ketua Komisi Fatwa yang bertanggung jawab soal penerbitan fatwa MUI.

Ma'ruf dipandang sebagai ulama yang disegani karena menduduki beberapa posisi penting di Nahdlatul Ulama, organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia.

Ma'ruf juga memiliki keahlian dalam bidang ekonomi syariah. Dia mengemban berbagai jabatan dalam dewan pengawas syariah di sejumlah bank dan asuransi syariah.

Ma'ruf merupakan cicit dari Syekh Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani, ulama besar asal Banten yang pernah menjadi Imam Masjidil haram.

Dalam ulasan Wikipedia, Syekh Nawawi adalah ulama yang hidup tahun 1730 hingga 1813. Para ulama Indonesia menyebut Syekh Nawawi sebagai Bapak Kitab Kuning Indonesia. Ratusan buku pernah dia tulis semasa hidup.

Selain orang nomor satu di MUI, Ma'ruf juga menduduki jabatan tertinggi di Nahdlatul Ulama, organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia. Jabatannya adalah Rais Am atau Ketua Umum dalam arti sebenarnya.

Ma'ruf punya rekam jejak cukup panjang di dunia politik. Dia mengawali dengan menjadi anggota DPRD DKI dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia kemudian bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Bersama PKB Ma'ruf menjadi anggota DPR dan MPR. Sementara di PKB, ia pernah menjadi Ketua Dewan Syuro partai yang didirikan Abdurrahman Wahid itu.

Di pemerintahan sebelumnya, Ma'ruf dipercaya menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak tahun 2007 hingga 2014.

Belakangan ini, nama Ma'ruf Amin santer diberitakan sebagai kandidat calon wakil presiden dari kubu Joko Widodo. Hingga akhirnya dia benar-benar dipilih Jokowi menjadi pendampingnya di Pilpres 2019.


Next article Next Post
Previous article Previous Post