Sabtu, 11 Agustus 2018

Heboh! Semua Caleg Nasdem Buleleng Dicoret Gara-gara Perempuan Ini

Loading...


Bruniq.com - Jagat politik Bali heboh. KPU Bali memutuskan seluruh caleg Nasdem daerah pemilihan (dapil) Buleleng (Dapil 5 Bali) untuk DPRD Bali dinyatakan rontok, dicoret alias TMS (tidak memenuhi syarat).

Akibatnya, Nasdem kemungkinan akan kehilangan kesempatan untuk berebut kursi di DPRD Bali. Padahal Nasdem punya satu incumbent yaitu Nyoman Tirtawan dari Dapil Buleleng di DPRD Bali.

“Heboh, Nasdem heboh. Tidak punya calon, semua dicoret di KPU Bali, 12 calegnya gugur, tidak bisa tarung untuk DPRD Bali,” ujar sumber terpercaya, seperti dilansir Bali Express (Grup Jawa Pos/Pojoksatu.id), Sabtu 11 Agustus 2018.

Bali Express berusaha mengkonfirmasi pecoretan caleg Nasdem ke Komisioner KPU Bali Ni Wayan Widiastini. Namun dia tidak bisa menjelaskan karena sedang menjadi narasumber. “Maaf saya jadi narsum (narasumber), bisa tanyakan ke ibu Wina (Ni Putu Ayu Winariati, maksudnya),” ujarnya dengan suara lembut.

Komisioner KPU Bali, Ni Putu Ayu Winariati mengatakan, hasil pleno KPUD Bali sudah memutuskan bahwa pencalegan Nasdem dari Dapil Buleleng untuk DPRD Bali TMS.

“Kami sudah plenokan, memang Caleg Nasdem untuk DPRD Bali dapil 5 Buleleng TMS,” jelas Wina kemarin.

Dia menegaskan bahwa ini berawal dari satu caleg perempuan. Nasdem memasang nama caleg I Made Suparjo, Ni Putu Nomor Seri Jaya, I Made Teja, Nyoman Mudita, Nyoman Tirtawan, Putu Dian Fitri Pratiwi, I Gusti Ngurah Wijaya Kusuma, I Made Arjaya, Erni Indraswari, Somvir, Baiq Candra Hermigawati dan I Made Westra.

Dalam perjalananya, ada masalah pada bakal caleg nomor 9 yaitu Erna Indraswari. Sehingga dilakukan penggantian, dengan nama bakal caleg adalah Ni Komang Nilawati. “Kemudian dilakukan penggantian nama, menjadi Ni Komang Nilawati,” jelas Wina.

Dalam situasi ini, akhirnya dilakukan verifikasi lagi. Ternyata Nilawati sudah sempat didaftarkan di caleg Dapil 5 Kecamatan Busungbiu-Sawan untuk DPRD Buleleng.

“Ternyata hasil verifikasinya, ditemukan kalau Nilawati sudah masuk didaftarkan di Dapil 5 Kabupaten Buleleng (Kecamatan Busungbiu–Sawan),” kata dia.

Dengan kondisi ini, berdasarkan PKPU (Peraturan KPU) nomor 20 tahun 2018 tidak diperbolehkan didaftarkan dua kali. Sehingga dilakukan proses verifikasi, dinyatakan Nilawati ini TMS alias tidak memenuhi syarat alias gugur.

“Tidak boleh didaftarkan dua kali, jadi Nilawati kami nyatakan TMS. Ini yang berbuntut lanjutannya,” kata Komisioner KPU Bali dua periode ini.

Lanjutannya bagaimana? ketika Nilawati dinyatakan TMS, komposisi bakal Caleg Nasdem tidak memenuhi syarat yaitu kuota 30 persen perempuan.

“Tidak lolos satu, membuat tidak memenuhi syarat kuota 30 persen perempuan. Ini yang membuat ada imbas seluruh bakal caleg Nasdem Dapil Buleleng TMS,” tegasnya.

Wina mengatakan, rapat pleno KPU memang dinyatakan seluruh caleg nasdem dapil Buleleng tidak lolos alias rontok. Akhirnya KPU Bali berkonsultasi ke KPU Pusat agar tidak salah mengambil langkah. Ternyata KPU Pusat juga membenarkan, dan menguatkan langkah KPU Bali untuk menyatakan bahwa caleg Nasdem dapil Buleleng untuk DPRD Bali TMS.

“Jadi kami memastikan untuk di KPU Bali sudah tidak ada celah lagi, yang memastikan TMS,” urainya.

Kan ada waktu perbaikan? Wina mengatakan waktu perbaikan sudah disiapkan sampai 31 Juli. Yang diperbaiki dengan caleg Nilawati, ternyata Nilawati dinyatakan TMS.

“Kami pleno 7 Agustus akhirnya memastikan TMS untuk semua karena tidak memenuhi kuota 30 persen,” jawabnya.

Dengan kondisi ini, bagi Wina ada peluang lagi di Bawaslu Bali. Pihak Nasdem bisa melakukan gugatan administrasi.

“Tapi kami tegaskan, di kami (KPU) sudah tertutup celahnya. Silakan lakukan gugatan administrasi,” pungkas Wina.

Dikonfirmasikan ke Ketua DPW Nasdem Bali IB Oka Gunastawa belum mengangkat telpon. Namun salah satu bakal Caleg Nyoman Tirtawan mengatakan, bahwa saat ini Nasdem sedang melakukan proses gugatan ke Bawaslu.

“Kami sedang siapkan proses gugatan ke Bawaslu. Bagi kami ini cukup aneh, sangat aneh. Jika sampai harus merontokan semuanya,” cetus Anggota Komisi I DPR Bali ini.

Jika dilihat dari 12 bakal caleg dari Buleleng, ada nama Ketua DPD Nasdem Buleleng yaitu I Made Suparjo. Kemudian ada Sekjen DPW Nasdem yaitu Ni Putu Nomor Seri Jaya. Ada juga pengacara Nyoman Mudita. Ada anggota Komisi I DPRd Bali Nyoman Tirtawan. Termasuk ada tokoh sekelas I Made Westra yang adalah Mantan Sekkot Kota Denpasar.

Bakal Caleg Nasdem yang Rontok

1. I Made Suparjo

2. Ni Putu Nomor Seri Jaya

3. I Made Teja

4. Nyoman Mudita

5. Nyoman Tirtawan

6. Putu Dian Fitri Pratiwi

7. I Gusti Ngurah Wijaya Kusuma

8. I Made Arjaya

9. Erni Indraswari

10. Somvir

11. Baiq Candra Hermigawati

12. I Made Westra

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post