Kamis, 12 Juli 2018

Sudah Ditandatangani, 51% Saham Freeport Milik Indonesia, Nilai Akusisinya Segini

Loading...


Bruniq.com -.Proses akusisi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sebesar 51% sudah dapat dilakukan oleh pemerintah. Hal itu ditandai usai penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara PT Inalum (Persero) dengan Freeport McMoran selaku induk dari PTFI.

Penandatangan HoA ini dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Inalum (Persero) Budi Gunadi Sadikin dengan CEO Freeport McMoran Richard Adkerson di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan dana yang harus dikeluarkan Inalum untuk mengakuisisi 51% saham Freeport sebesar US$ 3,85 miliar atau Rp 53,9 triliun (kurs Rp 14.000).

"Total nilai dari kesepakatan ini US$ 3,85 miliar," kata Rini.

Nantinya, setelah berhasil mengakuisisi 51% saham Freeport Mcmoran, pemerintah tetap memberikan jatah kepada Pemerintah Daerah Papua dan Kabupaten Mimika untuk mendapatkan saham sebesar 10%.

"Pemda, Pemkab memiliki 10% di PTFI ini," ungkap dia.

Rini berharap dengan dimulainya proses divestasi 51% Freeport Indonesia mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Karena ini sejalan dengan fungsi BUMN sebagai agen pembangunan. BUMN akan menjadi ujung tombak proses hilirisasi pertambangan Indonesia guna memberi nilai tambah maksimal bagi masyarakat, termasuk menjalankan usaha pertambangan secara profesional dan bertanggung jawab," tutup dia.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post