Kamis, 05 Juli 2018

Bikin Meringis, Berawal dari Sakit Gigi, Ukuran Wajah Pria Ini Jadi Bengkak Dua Kali Lipat Dan Sampai Alami Hal Ini



Bruniq.com - Wajah pria asal Pakistan ini telah membengkak menjadi dua kali lipat dari ukuran biasanya, bahkan dia harus berjuang melawan kanker mulut yang mematikan.  Ini berawal dari sakit gigi dan pengobatan yang dilakukan oleh seorang penyembuh alternatif yang dianggap sebagai dukun gigi.

Dia adalah Muhammad Farooq (21) dari Landhi, Karachi di provinsi Sindh, Pakistan. Giginya dicopot oleh dokter palsu setelah dia menderita sakit gigi. Sejak saat itu, mulutnya mulai membengkak enam bulan setelah operasi karena kanker mulut, dan ahli lokal percaya dia alami infeksi setelah operasi.

Namun, salah seorang dokter di Inggris mengklaim sakit giginya kemungkinan besar disebabkan oleh kankernya. Mereka juga memperingatkan itu mungkin disebabkan oleh kebiasaan merokok, yang diketahui sebagai salah satu faktor risiko yang terdaftar oleh National Health Service (NHS).

Para dokter telah memberi tahu Farooq bahwa peluangnya untuk bertahan hidup sangat rendah, bahkan jika ia menjalani kemoterapi. Dia telah menghabiskan hari-hari terakhirnya berbaring di tempat tidur di rumahnya dan tidak bisa bergerak.

"Putraku sedang berjuang untuk hidupnya hari ini. Saya memohon kepada pemerintah dan lembaga penegak hukum di Pakistan untuk melawan keberadaan dokter palsu, sehingga kehidupan orang-orang dapat diselamatkan,” kata ibunya, Razia Noor, dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (4/7/2018).

Sebelumnya Farooq mengeluh sakit gigi yang parah, kemudian seorang teman menyarankan dia mencabut gigi di dukun gigi dengan biaya yang lebih murah. Tapi delapan bulan setelah operasi, wajah dan rahang Farooq mulai membengkak dan dia diberitahu bahwa dia mengidap kanker.

“Kanker mungkin terjadi karena pasien mengkonsumsi tembakau atau giginya terkena infeksi ketika giginya dicabut oleh dokter gigi palsu. Pasalnya dokter gigi palsu diduga menggunakan peralatan yang tidak higienis,” jelas kepala ahli onkologi klinis di Rumah Sakit Dr Ruth Pfau di Karachi, Dr Noor Muhammad Soomro.

Kanker mulut juga dikenal sebagai tempat tumor berkembang di lapisan mulut. Ini mungkin ada di permukaan lidah, bagian dalam pipi, atap mulut (palatum), atau bibir atau gusi.

Tumor juga dapat berkembang di kelenjar yang menghasilkan air liur, amandel di bagian belakang mulut, dan bagian tenggorokan yang menghubungkan mulut Anda ke tenggorokan Anda (pharynx).

Gejala kanker mulut meliputi: sakit ulkus mulut yang tidak sembuh dalam beberapa minggu, benjolan yang tidak dapat dijelaskan dan terus-menerus di dalam mulut yang tidak hilang, benjolan yang tidak dapat dijelaskan dan terus-menerus di leher yang tidak hilang, kelonggaran gigi yang tidak dapat dijelaskan, atau soket yang tidak sembuh setelah ekstraksi tanpa alasan, mati rasa persisten atau perasaan aneh di bibir atau lidah kadang-kadang, bercak putih atau merah pada lapisan mulut atau lidah, ini bisa menjadi tanda awal kanker.

Perlu diperhatikan pula perubahan dalam ucapan, seperti cadel dan disarankan kunjungi dokter umum atau dokter gigi Anda jika gejala ini tidak sembuh dalam tiga minggu, terutama jika Anda minum atau merokok berat.



Next article Next Post
Previous article Previous Post