Senin, 04 Juni 2018

Alamak!! Ini Tanggapan Instagram Terkait Hilangnya Foto Amien - Rizieq

Bruniq.com Jakarta - Wakil Sekjen PAN Saleh Partaonan Daulay meminta Instagram menjelaskan atas hilangnya foto pertemuan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Habib Rizieq Syihab dari akun milik Amien. Lantas apa tanggapan dari media sosial berbasis foto milik Facebook itu?

detikINET pun coba mengonfirmasi langsung ke pihak Instagram. Mereka membenarkan bahwa postingan foto di akun Instagram tersebut hilang. Tapi itu bukanlah kesengajaan dari pihak Instagram.

"Lagi dicek kenapa di-take down. Kemungkinan ini berdasarkan laporan pengguna," ujar perwakilan Instagram saat dihubungi Senin siang (4/6/2018).

Sebelumnya diberitakan Wakil Sekjen PAN Saleh Partaonan Daulay mengaku kecewa atas hilangnya foto pertemuan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Habib Rizieq Syihab dari instagram Amien. 

"Tentu kecewa. Kelihatan ada perlakuan yang berbeda dengan member lain. Padahal, posting foto adalah bagian dari kebebasan berekspresi," kata Saleh 


Saleh menambahkan pihaknya menuntut penjelasan dari Instagram atas hilangnya foto tersebut. Sehingga masalah itu bisa jelas dan jangan sampai dianggap bertendensi politik. 

"Kami minta penjelasan dari Instagram alasan mereka me-remove gambar tersebut. Jangan sampai penghapusan itu justru bernuansa politik. Instagram tidak boleh berpihak pada satu kelompok, menafikan kelompok lain," tegasnya.

Ini Tanggapan Instagram Terkait Hilangnya Foto Amien - RizieqFoto: Postingan foto Amien Rais-Rizieq yang 'hilang' di Instagram @amienraisofficial


Foto yang mendadak hilang itu sebelumnya ada di akun Instagram @amienraisofficial. Sebelumnya, ada foto Amien Rais saat bertemu Habib Rizieq Syihab dan Prabowo ketika umrah. Saat dilihat pada Senin (4/6/2018), foto itu tidak ada lagi. 

Admin Ig @amienraisofficial mengungkapkan kekecewaannya atas hilangnya foto-foto tersebut. Admin menyebut hal itu menjadi bukti kebebasan berekspresi yang dicederai. 

"IG akhirnya menghapus kembali berkali-berkali secara sepihak semua foto yang kami upload, yang berkaitan dengan tokoh tertentu. Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi (yang bertanggung jawab) yang menjadi salahsatu agenda reformasi kembali diciderai; mengembalikan kita pada era yang represif (order baru), di tengah-tengah kebijakan-kebijakan populis yang palsu (order lama). Kita semua menantikan terang setelah zaman-zaman gelap, bukan sebaliknya! Mari #selamatkanindonesia," demikian keterangan di akun @amienraisofficial.



Akun instagram @amienraisofficial itu bukan dikelola Amien Rais pribadi. Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajad Wibowo menyebut akun itu dikelola anak-anak Amien Rais dan orang yang dekat dengan mereka. 

Sementara itu, Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 menanggapi enteng masalah tersebut. Slamet menyebut itu ulah rezim yang panik.

"Sudah (dapat laporan), kelihatan rezim dan cebongnya panik dan ketakutan. Sudah sangat sering bagi kami sudah menjadi hal yang biasa," ujar Slamet.


Next article Next Post
Previous article Previous Post