Selasa, 03 April 2018

TELAK!! JK Tanggapi Prabowo: Tak Relevan Lagi..

Bruniq.com Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi pernyataan Prabowo Subianto yang menyebut sistem ekonomi Indonesia neoliberalisme. Menurut JK, sudah tidak relevan lagi berbicara sistem ekonomi neoliberalisme.

"Ekonomi kita terbuka, ya kan, tapi tidak seliberal Amerika, malah Amerika sekarang proteksionis. Jadi kurang relevan lagi berbicara tentang ekonomi liberal (neoliberal) atau tidak liberal," kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018).

"Tidak bebas sebebas-bebasnya, tapi ada yang menjaga kepentingan nasional," ujarnya.
JK menyebut Amerika yang awalnya kapitalis pun kini sudah menjadi proteksionis. Menurutnya, sistem ekonomi Indonesia saat ini adalah bagaimana menjaga kepentingan nasional.


Prabowo saat berpidato di Gedung Serbaguna Istana Kana Cikampek, Sabtu (31/3) kemarin bicara soal sistem ekonomi yang dianut Indonesia. Dikatakan Prabowo, saat menjadi bagian dari rezim orde baru sempat tertarik pada faham neoliberalisme. Hal itu terjadi saat dirinya masih tergabung di Partai Golkar.



Di masa itu, pemerintah menggunakan pendekatan trickle down effect atau teori menetes ke bawah yang diperkenalkan Albert Otto Hirschman, pencetus faham Neoliberalisme. 

"Saya dulu tertarik sama Neolib. Tapi saya lihat ternyata faham itu bohong. Kesejahteraan enggak netes-netes ke bawah. Malah dibawa ke luar negeri oleh elite," kata Prabowo. 


Next article Next Post
Previous article Previous Post