Rabu, 11 April 2018

Salam Dua Periode!! JK Dukung Jokowi

Bruniq.com Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla memandang wajar jika Joko Widodo menggunakan pesawat kepresidenan saat kampanye pilpres 2019. Menurut JK penggunaan pesawat kepresidenan karena faktor keamanan untuk presiden.

"Presiden itu kan tidak bisa dipisahkan pertama dari segi security mesti tetap harus ada pengawal mesti ada pesawat," kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2018).

Menurut JK, saat pesawat kepresidenan belum ada, pemerintah juga menyewa pesawat untuk presiden yang kembali maju ke pilpres.


"Dulu itu waktu belum ada pesawat kepresidenannya kan Garuda (dia pakai), tapi kan pemerintah membayarnya. Nah yang dibayar itu siapa, presiden incumbent, pengawalan, tapi kalau ada wartawan mesti bayar, atau pendamping tim sukses harus bayar," ujarnya.

JK menyebut pesawat kepresidenan merupakan fasilitas pengawalan untuk untuk presiden. Tidak setiap orang dapat menggunakannya.



"Iya itu securitynya, dan tidak boleh sembarang (naik pesawat kepresidenan) wapres juga sama, mesti ada disetujui. Dan presiden itu harus tetap bisa berhubungan, kapan pun, bukan hanya kita, kalau anda lihat pas Obama kampanye dulu itu naik Air Force One," tuturnya.

Ketua KPU Arief Budiman menuturkan petahana presiden yang kembali maju dalam Pilpres 2019 diperkenankan untuk menggunakan fasilitas kendaraan milik negara seperti pesawat kepresidenan. Alasan keamanan pun menjadi pertimbangan KPU.

"Itu kan yang melekat. Kalau nanti menggunakan alat transportasi yang tidak terstandar pengamanannya, itu kan bisa berisiko," kata Arief di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (9/4). 



Next article Next Post
Previous article Previous Post