Kamis, 12 April 2018

Prabowo Deklarasi Siap Nyapres, PAN Skakmat Gerindra Soal Jumlah Kursi



Bruniq.com - Sikap Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk Pilpres 2019 sudah jelas, resmi menyatakan diri sebagai calon presiden. Seiring kepastian Prabowo nyapres, PAN yang belum menentukan sikap, menyinggung jumlah kursi yang dimiliki Gerindra.

"Tentu Pak Prabowo sepenuhnya memahami bahwa pencapresan beliau tidak bisa dilakukan sendiri karena memang secara formal jumlah kursi yang dimiliki Gerindra tidaklah cukup untuk mencalonkan," kata Ketua DPP PAN Mulfachri Harahap kepada wartawan, Rabu (11/4/2018).

Kesiapan nyapres disampaikan Prabowo di acara Rakornas Gerinda yang digelar di kompleks kediamannya, Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4). Sebelumnya, dia menerima mandat dari Gerindra untuk maju sebagai capres.

Syarat seseorang bisa terdaftar sebagai calon presiden salah satunya ialah diusung partai atau gabungan partai. Kualifikasi selanjutnya adalah partai/gabungan partai itu punya jumlah suara 20%-25% hasil Pemilu 2014. Gerindra yang hanya punya sekitar 13%, masih belum memenuhi syarat untuk mengusung Prabowo.

Faktor itu dipandang Mulfachri memengaruhi deklarasi pencapresan Prabowo. Prabowo sampai saat ini hanya menyatakan kalau dirinya siap menjadi capres. Di sisi lain, dia mengakui kalau masih butuh koalisi segajah untuk mendapatkan tiket pilpres.

"Sebab itu, wajar kalau Pak Prabowo tidak bisa menyampaikan secara tegas tentang deklarasi," ulas Mulfachri.

"Saya menerima keputusan ini sebagai suatu penugasan, suatu amanat, suatu perintah, dan saya menyatakan siap melaksanakannya," ujar Prabowo.



Next article Next Post
Previous article Previous Post