Selasa, 24 April 2018

Jokowi-Susi Pudjiastuti Dideklarasikan Maju di Pilpres 2019

Loading...


Bruniq.com - Sekelompok orang mengatasnamakan relawan Jokowi-Susi (Joss) menyatakan dukungannya kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti agar dapat menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) Jokowi pada Pilpres 2019. Relawan Joss mendorong Menteri Susi lantaran dinilai berhasil dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan, salah satunya menenggelamkan kapal asing.

"Terbukti saat ia menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Susi dikenal akan kebijakannya yang tegas terhadap penangkapan ikan ilegal. Namanya bahkan dikaitkan dengan kata 'tenggelamkan' yang mengacu kepada hukuman penenggelaman," kata Koordinator Relawan Joss Akbar Setyawan Loise, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (23/4/2018).

Akbar menegaskan, pihaknya akan menempuh jalur konstitusional lantaran Menteri Susi diketahui hanya tamatan sekolah menengah pertama (SMP). Meski demikian, ia tak menjelaskan secara rinci langkah apa yang dilakukan nantinya lantaran Menteri Susi terganjal UU Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Dalam Pasal 5 UU Nomor 42 Tahun 2008 mengharuskan Capres maupun Cawapres, diharuskan berpendidikan paling rendah tamat SMA atau sederajat.

"Terkait dengan status Bu Susi, menurut kami, status pendidikan beliau, kami mengesampingkan itu. Tapi kami melihat prestasi beliau sehingga kami hanya mendorong itu, mengenai syarat dan UU-nya kami nanti menggulirkan untuk itu. Yang terpenting adalah kami akan membuat opini bahwa Ibu Susi pantas untuk mendampingi Jokowi," tuturnya.

Akbar menilai, sosok perempuan asal Pangandaran tersebut layak mendampingi Jokowi. Sebab, Menteri Susi merupakan salah satu pejabat yang tegas dalam mengambil sebuah kebijakan.

"Susi beliau sosok wanita yang layak menjadi contoh teladan atas kegigihan dan kesuksesannya. Terbukti, saat ia menjabat sebagai Menteri, ia dikenal akan kebijakannya yang tegas terhadap penangkapan ikan ilegal," kata Akbar.

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post