Jumat, 20 April 2018

GEMPAR!! Gerindra: "Partai Hijau" Segera Gabung Koalisi. Siapa?

Bruniq.com Jakarta - Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono mengklaim akan ada "partai hijau" yang segera bergabung dengan Partai Gerindra menyusul partai lainnya yang disebutkannya sudah bergabung, yakni Partai Keadlian Sejahtera (PKS) dan Partai amanat Nasional (PAN).

"Koalisi Gerindra, PKS, PAN sudah mantap. Tinggal ada tambahan partai hijau yang akan bergabung," ujar Ferry di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/4).
Ia mengatakan, koalisi antara Gerindra PAN, dan PKS sudah relatif aman, kendati PAN masih akan memusyawarahkan aspek-aspek koalisi terlebih dahulu, termasuk soal wakil presiden.
Namun, dari platform koalisi dan dasar permintaan masyarakat, keinginannya adalah supaya Gerindra, PKS, dan PAN menyatu, kata Ferry.
Namun untuk partai hijau yang dimaksud, pihaknya masih merahasiakannya. Dia mengklaim bahwa elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) semakin turun dan itu menjadi pertimbangan partai-partai yang sebelumnya mendukung Jokowi untuk lari.
Ia bahkan menyebutkan jika pihaknya sudab bertemu beberapa kali dengan ketua umum partai hijau yang dimaksud tersebut.
"Kami tetap denahnya Gerindra, PKS dan PAN, tapi tetap membuka diri untuk partai-partai lain ikut bergabung dalam barisan. Makin mantap barisan kami ini," pungkasnya.
Jika merujuk warna secara harfiah, saat ini ada tiga partai dengan logo warna hijau yang akan mengkuti Pemilu 2019, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sudah menyatakan mendukung Jokowi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Bulan Bintang (PBB).
Nama terakhir gagal memenuhi parliamentary threshold pada pemilihan 2014 dan nyaris gagal lolos ke pemilu 2019. Jika PBB yang dimaksud Ferry, hal itu tidak akan berdampak ke pemenuhan presidential threshold yang mensyaratkan minimal 20 kursi di DPR, karena partai pimpinan Yusril Ihza Mahendra itu tidak memiliki kursi DPR.
Sementara PKB hingga saat ini belum secara resmi menyatakan dukungan ke koalisi tertentu.



Next article Next Post
Previous article Previous Post