Senin, 16 April 2018

Rizal Ramli Sebut Bank Century Sengaja Dipakai Sebagai Ember Bocor, Ini Maksudnya


Bruniq.com - Ekonom senior yang juga Mantan Menteri Keuangan era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Rizal Ramli angkat bicara soal hasil putusan Praperadilan kasus Bank Century di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dia menilai, bahwa skandal Century sebenarnya sederhana. Karena itikadnya adalah hanya mencari 'ember bocor'.

"Bank Century sengaja mau dipakai sebagai ember kosong," kata Rizal kepada wartawan belum lama ini di Jakarta.

Menurut ekonom senior ini , argumen sistemik yang diklaim sebagai dasar bailout sejak awal mengada-ada dan sangat menyesatkan. Dijelaskan, Century tidak pantas untuk di-bailout karena bank tersebut bank kecil dan dari dulu memang sudah bermasalah.

"Bank ini bank kecil, kalau ditutup juga dampaknya nyaris tidak ada apa-apa. Karena argumen sistemik itu argumen yang sangat menyesatkan. Karena, saya pernah sebagai Menko menyelamatkan bank BII yang 6 sampai 7 kali lebih besar dari Bank Century dan itu kita lakukan tanpa bailout sama sekali," jelas Rizal Ramli yang juga mantan menko maritim era Jokowi dan Jusuf Kalla itu.

"Caranya bank mandiri dibuat ambil oversupaya ada umbrella of confiden ganti manajemen dan take over sementara dan membuat uang kembali ke dalam sistem bank BII pada waktu itu jauh lebih besar dari pada bank Century," urai Rizal Ramli dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta.



Next article Next Post
Previous article Previous Post