Jumat, 09 Maret 2018

Mengejutkan!! Jika Muncul Poros Ketiga, Begini Peta Kekuatannya

Bruniq.com Jakarta - Pemilu 2019 diprediksi bakal kembali menghadapkan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto kembali. Namun tak menutup kemungkinan muncul poros ketiga sebagai penantang kedua tokoh itu.

Presiden Jokowi sudah hampir pasti melenggang lagi ke ajang Pilpres 2019 dengan dukungan 5 partai politik yang punya kursi di DPR (PDIP, NasDem, Golkar, PPP, dan Hanura). Sebetulnya ada 2 partai baru lagi yang mendukung Jokowi, yakni PSI dan Perindo, namun belum memiliki kursi di DPR..


Sementara itu Gerindra bisa dipastikan bakal mengusung lagi Ketua Umumnya, Prabowo Subianto. Walau belum resmi, Waketum Gerindra Fadli Zon sudah memastikan partainya akan bergandengan dengan PKS. 

"Ya, dengan PKS kita sudah firm, tapi kita berharap lebih banyak lagi dukungan dari partai lain supaya lebih kuat untuk menghadapi Pilpres dan Pileg," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

PKS hingga saat ini memang belum mengamini apakah akan mendukung pencapresan Prabowo. PKS justru melontarkan 9 nama kadernya untuk jadi capres.

Poros ketiga yang mungkin akan terbentuk adalah PAN, PKB, dan Partai Demokrat. Elite ketiga partai ini baru saja melakukan pertemuan kemarin, Kamis (8/3/2018). 




Namun belum ada kepastian apakah ketiga partai itu bakal membentuk poros ketiga. Mereka juga belum mengerucutkan nama untuk capres-cawapres yang diusung.

Perlu 20 persen kursi DPR untuk mengusung pasangan capres-cawapres di Pemilu 2019. Ini berarti butuh 112 kursi.

Poros pendukung Jokowi punya kursi paling banyak untuk membeli tiket capres-cawapres. Jokowi didukung oleh PDIP (109 kursi/19,4% kursi DPR), NasDem (36 kursi/6,4% kursi DPR), Golkar (91 kursi/16,2% kursi DPR), PPP (39 kursi/7% kursi DPR), dan Hanura (16 kursi/2,9% kursi DPR). Totalnya adalah 291 kursi atau 52% kursi di DPR.

Poros berikutnya yakni pendukung Prabowo Subianto yang digawangi oleh Gerindra yang memiliki 73 kursi atau 13% kursi DPR. Jika PKS dimasukkan, maka angka itu bisa ditambah dengan 40 kursi atau 7,1% kursi DPR. Total mereka punya 20,1% atau 113 kursi di DPR.

Selanjutnya adalah poros ketiga yang kemungkinan dibentuk oleh Partai Demokrat, PAN, dan PKB. Demokrat saat ini memiliki 61 kursi atau 10,9% kursi DPR, kemudian PAN punya 48 kursi atau 8,6% kursi DPR. Jumlah ini memang masih kurang untuk mengusung capres-cawapres. Tetapi jika ditambah PKB, yang memiliki 47 kursi atau 8,4% kursi DPR, jumlahnya menjadi 156 kursi atau 27,9%.

Jika Muncul Poros Ketiga, Begini Peta KekuatannyaFoto: Fuad Hasyim
Disarankan ...

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post