Senin, 05 Maret 2018

GEMPAR!! Polisi Kembali Tangkap Anggota MCA Produsen Hoax

Bruniq.com Jakarta - Tim Siber Bareskrim Polri kembali menangkap pelaku hate speech (ujaran kebencian), suku agama ras dan antar golongan (SARA), dan hoax.
Tersangka bernama Bobby Gustiono, 35, adalah pemilik akun Facebook Bobby Gustiono dan Bobby Siregar.
Pelaku tergabung dalam The Family Team (TFT) Muslim Cyber Army (MCA). Bobby ditangkap saat bersembunyi di kediaman mertuanya di Kelurahan Aras Panjang, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Begadai, Sumatera Utara.
Pelaku yang ditangkap pada Minggu (4/3) pukul 12.30 WIB berusaha menghilangkan barang bukti ketika mengetahui ada polisi yang akan melakukan penangkapan.
“Pelaku menggunakan profile picture seorang anak kecil di kedua akun di FB miliknya. Pelaku sering memposting hate speech, SARA, dan hoax ke lebih 50 grup-grup FB yang diikutinya,” kata Dir Siber Bareskrim Brigjen Fadil Imran, Senin (5/3).
Pelaku juga memiliki tugas khusus diantaranya sebagai pengelola dan admin dari 3 grup FB MCA (Muslim Cyber Army). Dia juga bertugas mereport akun-akun lawan ke FB agar disuspend atau dinonaktifkan.
“Pelaku mampu menonaktifkan lebih dari 300 akun FB setiap bulannya. Juga membuat tutorial kepada anggota grup cara membuat akun FB palsu yang seolah-olah asli dengan mengambil identitas orang lain (E-KTP, SIM, Paspor, dan lain-lain) melalui Google agar tidak disuspend,” sambung Fadil.
Dari tangan pelaku Tim Siber berhasil menyita barang bukti antara lain satu buah handphone merek Lenovo dan satu buah handphone merek Asus berikut dua buah sim card Telkomsel.
Dari device yang disita tersimpan sejumlah ujaran kebencian dalam berbagai bentuk yang diakui tersangka telah sengaja menyebarkan konten-konten terlarang tersebut.
“Sampai saat ini penyidik masih terus mendalami motif tersangka melakukan kejahatan tersebut. Akibat perbuatannya tersangka terancam hukuman 6 tahun penjara,” pungkas Fadil.



Next article Next Post
Previous article Previous Post