Senin, 12 Februari 2018

Alamak!! Giliran Pasar Asemka Semrawut

Bruniq.com KEBIJAKAN penataan kawasan Tanah Abang oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang mengistimewakan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan itu ternyata membuat PKL di kawasan lain iri hati. Mereka menuntut perlakuan yang sama.


PKL di dekat Halte Bendungan Hilir Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, salah satu contohnya. Mereka sempat berjualan di trotoar sebelum ditertibkan petugas Satpol PP, kemarin.


Di kawasan Asemka, Jakarta Barat, aktivitas yang sama bahkan masih berlangsung. Seperti PKL di Tanah Abang, mereka meminta jalan di sekitar lokasi ditutup dan diberikan fasilitas untuk berjualan. Akibatnya, kondisi Pasar Asemka pun semrawut. Banyak trotoar digunakan untuk berjualan.


"Logikanya kenapa yang dulunya liar ditata. Kan mereka sebelumnya dagang di trotoar juga. Kami juga mau dong ditata. Jadi jangan pilih kasih. Kalau bisa, ya ditutup juga (jalan) untuk jualan," kata Rahmad, 41, salah satu pedagang Pasar Asemka.


Pedagang lainnya, Yuri, 48, melontarkan komentar senada. "Coba lihat di sini Pasar Asemka, lalu pedagang di Kota Tua yang katanya mau ditata juga. Asal jangan cuma asal janji aja," kata dia.


Berdasarkan pantauan, kolong flyover di Pasar Asemka memang terlihat semrawut. PKL menggelar dagangan di mana-mana. Banyak kendaraan diparkir sembarangan. Pejalan kaki dan pengendara motor pun sulit melintas. Imbasnya, kemacetan lalu lintas tidak terhindarkan. Selain semrawut, sampah juga tampak berserakan.


Pengamat tata kota asal Universitas Trisakti Nirwono Yoga menilai ada inkonsistensi Pemprov DKI dalam penegakan perda ketertiban umum.


Akibatnya, timbul preseden buruk dari dampak Pemprov DKI mengakomodasi PKL di Tanah Abang.
Saat merespons itu, Pemprov DKI Jakarta berencana membina PKL yang mengokupansi trotoar, termasuk di Jl Sudirman, Benhil, Jakpus. Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan ia akan mencari lokasi sementara agar PKL tetap bisa berjualan.
Disarankan ...

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post