Selasa, 12 Desember 2017

SALAM DUA PERIODE!! Sikap Presiden Jokowi Terkait Palestina Selaras dengan Bung Karno. Ini Alasanya...

Bruniq.com JAKARTA – Respon cepat Presiden Joko Widodo di sidang Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyikapi klaim Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel selaras dengan pemikiran founding fatherBung Karno.
Wakil Ketua Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengatakan dalam sidang OKI, Presiden Jokowi menyampaikan dua hal penting.

"Pertama, Presiden Jokowi menegaskan bahwa masyarakat Indonesia menolak pengakuan sepihak Amerika Serikat soal Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel," kata Hasanuddin lewat pesan singkat yang diterima wartawan di Jakarta, Selasa (12/12/2017).
Politikus PDI Perjuangan ini juga mencatat kedua, Jokowi juga meminta negara OKI untuk membulatkan suara dan persatuan dalam membela Palestina.
"Sikap Presiden Jokowi mengingatkan perjuangan Bung Karno yang secara konsisten mendukung kemerdekaan bagi Palestina. Bahkan, dalam pidato Bung Karno tahun 1962, disebutkan bahwa selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel," katanya.

Menurutnya, korelasi dengan pidato Bung Karno dengan sikap Presiden Jokowi, adalah konsistensi dalam membela Palestina sebagai bangsa yang tertindas.
"Inisiasi Presiden Jokowi untuk melaksanakan sidang darurat OKI dan sidang darurat Majelis Umum PBB menjadi cerminan bahwa Presiden mencari solusi agar Palestina bisa terbebas dari penindasan Israel," katanyuuiao.
Lebih lanjut Hasanuddin menjelaskan, sikap Presiden Jokowi juga sesuai dengan aspirasi rakyat Indonesia, dan karenanya patut didukung.
"Oleh karena itu, saya berharap kunjungan Presiden ke Turki dalam rangka sidang OKI ini akan memberikan manfaat nyata bagi upaya perdamaian dunia khususnya penyelesaian sengketa antara Israel dan Palestina," katanya.


Next article Next Post
Previous article Previous Post