Selasa, 12 Desember 2017

Oalah!! Sandiaga: Penyebab Banjir Anomali Cuaca. Solusinya?

Bruniq.com- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyebut penyebab banjir di sejumlah ruas jalan protokol Jakarta di antaranya adalah anomali cuaca. 


Sebab kata dia, hingga saat ini tak ada laporan kerusakan apapun yang menjadi penyebab air menggenangi jalanan di kawasan strategis Ibu kota Jakarta. 


"Anomali cuaca, memang sedang climate change jadi kita tidak bisa melawan alam. Kalau melawan alam kualat nanti," kata Sandi di kawasan Balai Kota, Jakarta, Senin (11/12).




Anomali cuaca merupakan kondisi tidak teraturnya cuaca yang menyimpang dari keadaan normal secara rata-rata. Anomali cuaca sering juga diartikan fenomena cuaca yang tidak seperti biasanya.


Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta, menyebabkan sejumlah ruas jalan protokol Jakarta tergenang air akibat. Kawasan Kuningan, Rasuna Said, hingga Dukuh Atas tergenang air sekitar 30-50 cm. Bahkan, kawasan Bundaran Hotel Indonesia sempat tergenang banjir setinggi 10 cm. 

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan, Sandi telah memantau pipa air yang rusak dan telah menginstruksikan bawahannya untuk segera memperbaiki pipa-pipa air tersebut. 


Dia juga telah meminta persiapan kantong-kantong pasir dan pembersihan aliran air agar tidak tersumbat oleh sampah yang bisa menyebabkan aliran air tersumbat. 


Apalagi, diketahui tiga pompa air yang berada di Pluit satu pompanya mati. Hal ini dikhawatirkan bisa menimbulkan genangan air di kawasan Jakarta Pusat. 


"Iya pas kemarin Jumat itu saya ke sana memantau, ada laporan pipa tengahnya tidak jalan. Saya juga sudah instruksikan untuk segera dibetulkan," kata Sandi. 


Namun, Sandi belum bisa memastikan Pompa air tersebut bisa segera selesai diperbaiki karena peralatan yang digunakan untuk mengganti pompa tersebut belum juga datang. 


"Ya maunya segera, saya juga sudah instruksikan. Ini masih menunggu alat-alatnya, kita juga berdoa pada Allah, jangan jumawa bisa surut cepat, atau selesai kapan, ini faktor alam," kata dia.



Next article Next Post
Previous article Previous Post