Kamis, 14 Desember 2017

Lagi!! Anies Sebut Genangan Akibat Saluran Air Menyepit

Bruniq.com CAWANG -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa penyebab genangan yang terjadi dikawasan Cawang atau sekitar jalan DI Panjaitan dan Underpass Cawang akibat saluran air yang sempit.

Sehingga saluran air tidak dapat menampung debit air saat curah hujan tinggi hingga mengakibatkan genangan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau genangan air di kawasan Cawang.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau genangan air di kawasan Cawang. 

"Ditempat ini sebelumnya ada saluran air yang lebarnya hampir 3 meter terbuka sekarang sempit menjadi 1,2 meter. Terlebih saluran air terletak paling ujung," kata Anies di Cawang, Kamis (14/12/2017).
Menurut Anies, proyek pembangunan ini juga membuat antara saluran air dan tanah tidak sesuai. Justru tanah lebih tinggi hingga mengakibatkan air tidak dapat mengalir secara maksimal.

"Dengan tanahnya meninggi maka air yang ada di jalan tidak dapat mengalir ke saluran air yang di ujung, jadi saluran air di dua sisi jalan ini hanya berfungsi satu. Sisi barat ini tidak dapat mengalir ke saluran," katanya.

Atas kondisi tersebut pihaknya sudah berbicara kepada kepala Proyek dan berencana akan membuatkan saluran air sementara sehingga ketika hujan air tidak terbendung.

"Dan yang kedua saluran air yang hanya ukuran 1,2 meter akan dilebarkan. Sehingga dapat menampung air. Ini contoh bahwa kita mencari titik masalah bukan untuk menyalahkan tapi mencari solusi dengan begitu problem genang yang terjadi kemarin tidak terjadi lagi," jelasnya.

Selain itu ia juga memberikan solusi agar dibuatkan kolam untuk menampung air, sehingga pompa yang ada dapat berfungsi maksimal.

"Yang tadi diterowongan uki itu malah harus dibuatkan kolam karena kalo hanya pasang pompa tanpa dibuat kolam ya tidak akan bisa disedot jadi seperti banjir dulu bisa disedot, dibuatkan 3 meter dalamnya sehingga air mengalir dari situ ditarik ke pompa," katanya.

Menurut Anies, pembuatan kolam untuk menampung air ini untuk mengatasi genangan dikawasan tersebut. Tapi ia juga membeberkan bagaimana resep mujarab membuat genangan dengan mendakalkan saluran air.
"Sekarang kan tidak ada kolamnya jalannya ditutup jalan airnya ditutup yaudah itu resep mujarab untuk ada genanangan, itu resep paling mujarab itu tutup alirannya dangkalkan sedotannya pasti itu menggenang," katanya.



Next article Next Post
Previous article Previous Post