Rabu, 13 Desember 2017

Heboh!GEMPAR!! Beredar Buku IPS Kelas 6 SD Tulis Yerusalem Jadi Ibu Kota Israel Bikin Netizen Geram

Bruniq.com- Sebuah akun Twitter mengunggah foto buku IPS Kelas 6 SD yang menuliskan Ibu Kota Israel adalah Yerusalem.

Sementara Negara Palestina yang juga tertulis di buku tersebut tidak memiliki ibu kota.
Buku IPS tersebut merupakan terbitan Yudistira.


"Systematis....!!
Mohon diselidiki, Buku IPS Kelas 6 SD yang diterbitkan oleh Yudistira. Disitu tertulis Ibu Kota Israel adalah Jerussalem, Palestina ada tertulis tapi ga ada ibukota-nya," kicau @Gussumbogo, Senin (11/12/2017).
Pihak Yudistira melalui selebaran surat memberikan klarifikasi terkait buku tersebut.
Penerbit ini ternyata mengambil data dari internet world population data sheet 2010.
"Kami tidak mengetahui kalau ternyata data tersebut masih menjadi perdebatan dan belum diakui secara internasional. Perlu kami sampaikan juga beberapa sumber internet juga mencantumkan hal yang sama," penggalan surat yang dirilis pada Selasa (12/12/2017).
Pihaknya juga meminta maaf karena telah mengambil sumber yang keliru dan akan merevisi buku terbitannya itu di cetakan berikutnya.

Surat klarifikasi penerbit Yudistira
Surat klarifikasi penerbit Yudistira

Namun beberapa netizen malah menunjukkan beberapa bukti buku pelajaran terbitan lain yang menyebutkan Yerusalem Ibu Kota Israel.


Meski sudah ada konfirmasi beberapa netizen meminta buku itu untuk ditarik.
@AyuFamous: Usut.
@DeddySupriadiD: Apa lagi yg akan dilakukan musuh2 islam terhadap islam sampai anak2 diberikan pelajaran yg sesat dan menyesatkan ....harus ditarik buku ini secepatnya.
@SakuriZ: Pak mendikbud harus segera bertindak supaya wibawa Presiden yang dalam pernyataannya mendukung Palestina tetap terjaga.
@dheniemabizulfa: Presiden kan mengecam,kenapa ini Yudistira malah mendukung????apa bpk pres cuma cari simpati umat Islam???harus ditindak tegas ini...sudah kurang ajar!!!

Netizen lain juga melontarkan kritikan pedas terkait tragedi ini.
@ibach77: Aetinya penerbit itu menentang NKRI, krn indonesia tdk pernah mengakui israel beribukota jerussalem, 
Yudistira jg scr fakta menentang konstitusi, krn konstitusi kita menentang sgl bentuk penjajahan @Kemdikbud_RI @kemkominfo @Puspen_TNI
@ronyrilda: Jelas ngawur. Slama ini pengakuan yg ada Israel ber ibukota Tel Aviv. Penulis ama penerbit harus revisi. Berbahaya anak SD diberi info begni.
@madhaharaa: Penyusunnya ga kenal dosa apa ga tau malu... Zeonist bru berencana, dia lebih dlu tau. Mental2 piaraan/penjilat zeonist.
Ada juga netizen yang mengungkapkan jika Wikipedia dan Google juga menganggap Yerusalem Ibu Kota Israel.
"Jangankan buku SD, Wikipedia pun menganggap ibu kota Israel itu Yerusalem dan bukan lagi Tel Aviv. Dan ibu kota Palestina ialah Ramallah. Sila cek di http://wikipedia.org," kicau @ammammad.
"Terus kalau Google Map yang sudah tak menganggap Palestina lagi, gimana?" kicauan lanjutnya.


Beberapa hari belakangan ini diberitakan secara sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump menetapakan Yerusalem menjadi ibu kota Israel.
Jelas hal ini mendapat banyak pertentangan dari berbagai negara, termasuk Indonesia



Next article Next Post
Previous article Previous Post