Rabu, 20 Desember 2017

Astagah!! Dinkes DKI Terpaksa Pakai Dana Talangan Beri Makan Pasien RSUD, Ini Alasannya

Bruniq.com- Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) terpaksa menggunakan dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk penyediaan makanan pasien di Januari 2018.
Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov DKI melakukan kesalahan tak melakukan lelang dini penyediaan makan RSUD.
Akibatnya sepanjang Januari 2018 tak ada perusahaan yang berkontrak dengan RSUD untuk penyediaan makanan pasien.
Sebab perusahaan penyedia tahun 2017 habis masa kontraknya pada 15 Desember 2017.
Padahal proses lelang biasanya sekitar 30 hari kerja. Artinya jika sampai saat ini belum dimulai lelang berimbas pada ketersediaan makan di awal tahun 2018.
"Mereka (RSUD) terpaksa pakai dana BLUD," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto, Senin (18/12/2017).
BLUD semacam dana talangan yang dipakai untuk kegiatan-kegiatan yang bertujuan melayani masyarakat tanpa APBD.
Kepala RSUD Cengkareng, Sugino Kesuma Karo Karo, mengatakan, di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat dana BLUD digunakan hanya untuk penyediaan makan bulan Januari 2018.
"Cuma untuk bulan Januari, nilainya saya lupa. Nanti selanjutnya baru dengan lelang," ujar Sugino
Minggu ini, Kata Sugino, lproses lelang akan dimulai. Dari hasil lelang penyedia makan itu akan digunakan untuk bulan Februari hingga Desember 2018.
Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta Indrastuty Rosari Okita, mengaku belum ada yang melakukan usul lelang penyedia makan.
Ketua Komisi E DPRD DKI, Syahrial, mengaku ada perbedaan kebijakan pemimpin dan bawahan masih takut-takut untuk melakukan lelang dini.
"Kalau zaman Ahok kan dulu KUA-PPAS jadi langsung dilakukan lelang dini. Kalau di era sekarang masih hati-hati sebab pemimpin baru," ujar Syahrial.
Pihak BPPBJ DKI menginginkan Perda APBD 2018 sah dulu baru mulai lelang.
"Nanti yang akan kita evaluasi adalah masa kontrak penyedia. Sekarang rata-rata habis di bulan desember. Seharusnya Februari lah habisnya," ucap Syahrial



Next article Next Post
Previous article Previous Post