Kamis, 03 Mei 2018

Tidak Disangka!! Peneliti LIPI Sebut Ada Dua Manfaat Racun Kalajengking untuk Kesehatan

Bruniq.com Jakarta - Banyak manfaat namun susah dicari membuat racun kalajengking memiliki harga mahal. Peneliti menyebut, manfaat racun kalajengking ada di bagian kesehatan.

Syahfitri Anita, MSi, peneliti zoologi dari Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menyebut penelitian yang sudah ada membuktikan manfaat racun kalajengking. Di antaranya adalah untuk mengobati kanker dan sebagai antimikroba.


"Penelitian menunjukkan ada karakteristik komponen protein pada venom yang bisa digunakan untuk membunuh sel-sel kanker," tambahnya.


"Kalau membicarakan venom (racun), misalnya kalajengking, isinya kan komponen molekul aktif dan protein. Dalam venom itu bisa terdiri dari ratusan molekul dan protein yang fungsinya berbeda-beda," ungkap Syahfitri, saat dihubungi detikHealth.


Dijelaskan Syahfitri, protein pada racun kalajengking memiliki banyak fungsi. Ada yang menyerang sel darah hingga menyebabkan pendarahan, ada pula yang merusak sel hingga menyebabkan sel mati.

Dengan meneliti fungsi-fungsi komponen protein pada racun kalajengking, peneliti berharap menemukan protein dengan karakteristik komponen yang cocok. Misalnya, protein yang berfungsi untuk menyerang sel diambil dan dikembangkan untuk menjadi obat kanker yang hanya menyerang sel-sel kanker di tubuh manusia.

Prinsip yang sama juga diterapkan pada komponen protein yang berfungsi untuk membunuh mikroba. Dengan begitu, harapannya masalah resistensi mikroba dan antibiotik yang saat ini menjadi masalah bisa teratasi.

"Jadi dengan mengambil protein yang diinginkan, dengan fungsi tertentu yang sudah ditargetkan, misalnya untuk membunuh sel kanker, venom bisa digunakan untuk menyembuhkan," tandasnya.



Next article Next Post
Previous article Previous Post