Selasa, 01 Mei 2018

KEREN!! Cyrus Network: Jokowi 72,8% vs Gatot 19,1% dan Jokowi 64% vs Prabowo 29,8%

Bruniq.com Jakarta – Nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih tetap menempati posisi teratas dalam berbagai survei yang terus dilakukan oleh berbagai lembaga survei nasional. Yang terakhir adalah hasil survei yang diumumkan oleh Cyrus Network bertajuk ‘Pemetaan Peluang Capres dan Cawapres Menjelang Pilpres’ pada Kamis (19/4/2018) ini. Dalam simulasi dua nama nama Jokowi tetap teratas dalam survei tersebut.

Dari salah satu simulasi yang dilakukan, Jokowi masih unggul jauh dibandingkan para pesaingnya seperti Prabowo Subianto, Jusuf Kalla dan Gatot Nurmantyo. Dalam simulasi dua nama atau head to head, Jokowi melesat meninggalkan rivalnya itu.

Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto memaparkan, saat simulasi Jokowi diadu dengan Prabowo, hasil survei menunjukkan Jokowi meraih angka yang sangat tinggi yakni 64 persen responden. Sementara Prabowo hanya meraih 29,8 persen saja. Sedangkan yang belum memutuskan 3,3 persen, tidak memilih 1,1 persen dan tidak menjawab/ rahasia 1,8 persen.
Untuk simulasi Jokowi berhadapan dengan Gatot Nurmantyo, nama Jokowi pun masih belum terbendung dalam meraih suara responden. “Jokowi meraih 72.8 persen responden dan Gatot hanya mendapatkan 19,1 persen. Sementara belum memutuskan 5,2 persen, tidak memilih 2,3 persen dan tidak menjawab/rahasia 1,6 persen,” papar Eko.
Sedangkan saat Jokowi dihadapkan dengan Jusuf Kalla, lanjut Eko, Jokowi unggul jauh dengan raihan 75,2 persen dan Jusuf Kalla hanya mendapat 11,7 persen saja. Untuk yang belum memutuskan ada 6,3 persen, yang tidak memilih 5 persen dan tidak menjawab/rahasia 1,8 persen.

Top Of Mind

Cyrus Network juga memaparkan hasil surveinya terkait elektabilitas capres saat ini berdasarkan top of mind. Dimana Jokowi mendapat 58,5 persen responden, Prabowo Subianto 21,8 persen, dan Gatot Nurmantyo 2 persen.
Sedangkan dalam simulasi 22 nama, dengan pertanyaan kepada responden bila pilpres digelar hari iniHasilnya berturut-turut Jokowi meraih angka 56,7 persen, Prabowo Subianto 19,8 persen, dan Gatot Nurmantyo 3,2 persen.
Menurut Eko, munculnya berita-berita tentang kesiapan Gatot Nurmantyo menjadi capres dan rangkaian safari politiknya. Ternyata belum bisa menggeser pilihan konstituen oposisi terhadap Prabowo Subianto jika dilihat dari hasil survei tersebut.
Survei Cyrus digelar pada 27 Maret hingga 3 April. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Jumlah respondennya 1.230 orang, yang tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi.
Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Sedangkan tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen dengan margin of error +/- 3 persen.



Next article Next Post
Previous article Previous Post