Selasa, 08 Mei 2018

Jokowi Tegaskan Susi Tak Ada Kepentingan Politik

Bruniq.com Jakarta - Presiden Joko Widodo menegaskan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak memiliki kepentingan politik terkait kebijakan yang ia buat untuk nelayan. Menurutnya, kebijakan yang dikeluarkan Susi untuk kepentingan nelayan.


"Mana sih Bu Susi ada kepentingan politik? Nggak ada. Kepentingannya hanya untuk itu. Bahwa banyak kepentingan yang terganggu iya, yang dulu enak, sekarang tidak enak iya, tapi itu yang harus kita kerjakan," ujar Jokowi di hadapan nelayan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018).


Kebijakan yang dikeluarkan Susi mulai pelarangan pemakaian cantrang untuk menangkap ikan sampai penenggelaman kapal asing yang melakukan illegal fishing di perairan Indonesia. Jokowi meminta nelayan tidak berprasangka buruk terhadap kebijakan yang dikeluarkan.

"Ini yang akan terus kita kerjakan secara konsisten, tapi nelayan harus bisa menangkap ini arahnya ke mana. Ya untuk nelayan sendiri. Jangan dipelintir, dikompori, sehingga tujuan kita terbelokkan ada unsur politik, unsur kepentingan, nggak ada," jelas Jokowi.

Dalam pertemuan dengan nelayan, Jokowi meminta para nelayan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. Jokowi juga mengimbau nelayan melek teknologi. 

"Masa depan Indonesia ada di laut. Dua pertiga negara kita adalah air. Kita harus sadar sehingga masa depan kita di air, laut, dan samudra. Kalau kita mulai nggak membangun fondasi, inilah yang fondasi yang sudah kita bangun agar produksi tangkapan dan budi daya dikerjakan para nelayan bisa meningkat," bebernya. 



Next article Next Post
Previous article Previous Post