Jumat, 20 April 2018

Woww!! PPP Parpol Paling Dekat Muslim Versi Survei, PKB Malah Bilang Begini...

Bruniq.com Jakarta - PPP menjadi partai yang citranya paling dekat dengan umat Islam versi survei Cyrus Network. PKB merasa tetap berada di atas partai berlambang kabah itu.

"PKB sangat clear 100 persen muslim, 100 persen nasionalis. Karena PKB dilahirkan oleh rahim NU sebagai orangtua PKB," ungkap Wasekjen PKB Daniel Johan, Jumat (20/4/2018).

"Dan PKB dilahirkan NU untuk bangsa yang dalam mabda siyasi (pondasi) sebagai partai terbuka yang berasaskan Pancasila, yang memperkuat persaudaraan kebangsaan, persatuan dan kebinekaan," imbuhnya.


Meski survei Cyrus Network menempatkan PKB di posisi kedua, partai pimpinan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ini tetap merasa menjadi partai utama beridentitas islami. Daniel menyebut itu sebagai faktanya.

"Fakta saat ini adalah PKB sebagai partai Islam nasionalis terbesar dan terkuat. Yang penting kan fakta jauh lebih berbicara ketimbang survei," sebut Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Daniel pun mengaku tak mau ambil pusing dengan hasil survei itu. Menurutnya yang terpenting adalah, bagaimana peran PKB bagi masyarakat.


"Bagi PKB yang penting terus berbuat dan berjuang sepenuh hati untuk rakyat, karena rakyat lah yang menentukan nantinya," tutur Daniel.

Seperti diketahui, PPP dianggap partai yang citranya paling dekat dengan umat Islam berdasarkan hasil survei Cyrus Network. PPP mendapat perolehan anggak 28,3% dan PKB di posisi kedua dengan angka 27,7%.

Survei dilakukan pada 27 hingga 3 April 2018. Survei ini melibatkan 1.239 orang responden dari 123 desa/kelurahan di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka. Tingkat keyakinan survei sebesar 95% dengan margin of error sebesar 3%.

Dalam survei bertajuk "Pemetaan Peluang Capres dan Cawapres Menjelang Pemilihan Presiden 2019" ini, responden juga diberi pertanyaan, "Partai politik manakah yang Anda anggap paling dekat dengan umat Islam?"

"Sedangkan yang menganggap PKS sebagai partai paling dekat dengan umat Islam hanya 12%," kata Managing Director Cyrus Network, Eko Dafid Alfianto dalam keterangan pers rilis hasil survei lembaganya, Kamis (19/4).

Berikut adalah hasil survei soal persepsi respondens tentang parpol yang dekat dengan umat Islam:

1. PPP 28,3%
2. PKB 27,7%
3. PKS 12,0%
4. PDIP 3,1%
5. Partai Golkar 2,6%
6. Partai Gerindra 2,6%
7. PBB 2,4%
8. PAN 2,2%
9. Partai Demokrat 0,8%
10. PSI 0,8%
11. Partai NasDem 0,6%
12. Partai Perindo 0,5%
13. Partai Berkarya 0,2%
Tidak tahu 16,1% 



Next article Next Post
Previous article Previous Post