Rabu, 04 April 2018

Bos Abu Tours Dulu Mewah-Mewahan, Kini Penjara Menanti, Hingga Ratusan Mitra Turut Laporkan Bos Abu Tours ke Polda Metro Jaya



Bruniq.com - Muhammad Zakir Rasyidin yang mewakili 215 agen dan mitra Abu ToursJabodetabek melaporkan bos Abu Tours, Muhammad Hamzah Mamba ke Polda Metro Jaya.

Zakir mengatakan, total kerugian yang dialami dari 215 agen dan mitra yang dinaunginya mencapai sekitar Rp132 miliar.

"Kita minta ke Polda Metro Jaya bisa menyikapi laporan ini, karena korban resah. Pertama, mereka khususnya para agen secara psikologi terintimidasi," kata Zakir di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Rabu (4/4/2018).

Laporan yang dibuat Zakir diterima dengan nomor registrasi LP/1806/IV/2018/PMJ/Dit. Reskrimum.

Dalam laporan ini, Zakir membawa sejumlah bukti, di antaranya bukti transfer pembayaran, bukti perjanjian dengan pihak Abu Tours, dan bukti kwitansi.

Zakir menjelaskan, para agen dan mitra Abu Tourstidak mengetahui sama sekali kejahatan yang dilakukan Muhammad Hamzah Mamba terhadap uang para calon jamaah.

Menurutnya, para mitra hanya kepanjangan tangan dari Abu Tours yang memiliki kantor pusat di Makassar.

"Kalau mengembalikan uang tidak mungkin. Karena seluruh uang dari jemaah langsung masuk ke rekening Abu Tours, tidak melalui agen. Agen hanya perpanjangan tangan, yang menghubungkan dengan Abu Tours," jelas Zakir.

Untuk diketahui, Polda Sulsel menahan Direktur Utama Abu Tours Hamzah Mamba. Hamzah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penipuan, penggelapan, dan pencucian dana jemaah umrah.

Dari catatan yang ada, Abu Tours menelantarkan 86 ribu lebih jemaah umrah dari 16 provinsi. Dari seluruh korban, ditaksir kerugian Rp1 triliun lebih.



Next article Next Post
Previous article Previous Post