Kamis, 29 Maret 2018

Woww!! Mau Pensiun atau Maju Pilpres 2019, Ini Jawaban JK

Bruniq.com Jakarta - Usia Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah mengancik 76 tahun pada 2018 ini. Itulah mengapa dia ingin pensiun setelah tak lagi menjabat sebagai wakil presiden pada 2019 nanti. Apalagi konstitusi memang mengatur bahwa presiden dan wakil presiden hanya boleh menjabat sebanyak dua kali. 

Namun saat ini beberapa tokoh mendorong JK untuk maju Pilpres 2019. Ada yang mengusulkan JK kembali mendampingi Jokowi, tak sedikit yang mendukung dia maju sebagai Capres 2019.

"Ya memang saya berkeinginan untuk istirahat di samping itu juga undang-undang kita kan ada aturan 2 kali (periode)," kata JK saat Blak-blakan dengan detikcom yang tayang hari ini, Kamis (29/3/2018). 

Walau pun, kata JK, banyak yang memperdebatkan soal ketentuan dua kali menjabat tersebut, apakah harus berturut-turut atau dengan pasangan berbeda. "Ya dapat diperdebatkanlah tapi nanti lah yang punya kewenangan itu yang membicarakan," kata JK. 

Terkait renana setelah pensiun, JK mengatakan dia akan kembali aktif di sejumlah kegiatan sosial. Saat ini JK memang aktif di Dewan Masjid Indonesia, dan ketua penyantun sejumlah universitas. JK juga pernah memimpin Palang Merah Indonesia. 

Pada Selasa (27/3/2018) kemarin Wakil Ketua Dewan Pembina Golkar Fahmi Idris menyatakan partainya masih ingin Jusuf Kalla kembali mendampingi Presiden Jokowi. Dia mengakui bahwa niat mewujudkan Jokowi-JK jilid II itu terganjal konstitusi.

"Masih ada masih ada niat (untuk mengusung JK sebagai cawapres) itu. Tetapi Pak JK ini dihadapkan dalam satu ketentuan deal konstitusi bahwa apa presiden ataupun wapres yang sudah dua kali memimpin sudah tidak bisa lagi, tentu akan diproses di MK. Tapi kan itu satu tahap yang, katakanlah, kalau menjadi oke, tentu Golkar akan mempertimbangkan untuk mendukung Pak JK lagi," kata Fahmi. 



Next article Next Post
Previous article Previous Post