Rabu, 14 Maret 2018

Jokowi Adalah Kita!! Hari Ini 4 Tahun Lalu, Jokowi Deklarasikan Diri Jadi Capres

Bruniq.com Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hampir pasti akan kembali berlaga di ajang pemilihan presiden. Dia telah dideklarasikan menjadi calon presiden 2019 oleh 5 partai politik.

Empat tahun silam di tanggal ini, Jokowi tiba-tiba mengumumkan dirinya didapuk menjadi calon presiden. Pengumuman itu dia sampaikan di tengah kegiatan blusukannya sebagai Gubernur DKI Jakarta ke Rumah Si Pitung, Marunda, Jakarta Utara.


"Saya telah mendapatkan mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk jadi capres. Dengan mengucap bismillah, saya siap melaksanakan," kata Jokowi di Rumah Si Pitung, Marunda, Jakarta Utara, Jumat (14/3/2014).



Jokowi lalu mencium Bendera Merah Putih yang ada di lokasi tersebut kala itu. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.45 WIB.

Sesaat sebelum 'deklarasi', Jokowi menerima telepon. Rupanya telepon itu berasal dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kurang lebih pembicaraannya saat itu adalah mandat dari Mega untuk Jokowi.

Sebelum adanya mandat tersebut, isu yang menguat adalah Megawati yang berniat nyapres lagi di 2014. Tetapi pada Rabu (12/3), Megawati mengajak Jokowi berziarah ke makam Presiden pertama RI Sukarno di Blitar. Kabar soal deklarasi pencapresan Jokowi dalam waktu dekat pun bermunculan setelah itu.

Setelah Jokowi memberi pengumuman, Sekjen PDIP kala itu Tjahjo Kumolo menyatakan partainya memang tak membuat deklarasi khusus untuk Jokowi. Tjahjo mendampingi Megawati untuk memberikan pernyataan dan disiarkan di televisi saat itu.

"Kami memang sengaja tidak buat deklarasi, seperti ini saja," kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Bahkan wakil Jokowi di DKI Jakarta kala itu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) baru tahu soal informasi deklarasi itu dari televisi. Dia tengah di ruang kerjanya sambil menyalakan televisi dan menyaksikan Megawati dan Tjahjo Kumolo memberikan keterangan pers.

"Tadi pagi saya tanya ke beliau, apa betul Bapak mau deklarasi? Beliau bilang nggak tahu juga tergantung Bu Mega," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta.

Begini isi perintah dari Megawati yang dibacakan saat itu:

PERINTAH HARIAN: MERDEKA!

Saya, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,
Kepada seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai mata hari, keadilan, kejujuran di manapun kalian berada!
Dukung Bapak Joko Widodo sebagai calon Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
Jaga dan amankan jalannya Pemilu legislatif-terutama di TPS-TPS dan proses penghitungan yang berjalan dari segala bentuk kecurangan, dan intimidasi.
Teguh dan tegarkan hati dalam mengawal demokrasi di Republik Indonesia tercinta!

(Tertanda)

Megawati Soekarnoputri
14 Maret 2014



Next article Next Post
Previous article Previous Post