Kamis, 15 Februari 2018

Begini Tahapan Ubah Rp 1.000 Jadi Rp 1 Bila Dimulai Tahun Ini

Bruniq.com Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyebut redenominasi rupiah bisa memberikan persepsi positif untuk Indonesia di mata dunia internasional.

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan, penyederhanaan ini bisa membuat efisien dan kenyamanan yang lebih tinggi untuk ekonomi Indonesia. Menurut dia, Indonesia adalah negara yang memiliki mata uang dengan angka nol terbanyak.

"Misalnya begini US$ 1 itu sama dengan Rp 13.000, kalau di Malaysia itu bisa US$ 1 sama dengan 4 ringgit. Sekarang kondisi ekonomi kita relatif baik, kalau kita nanti bisa dapatkan persetujuan dari Presiden, tentu ini akan dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)," ujar Agus di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (21/7/2017).

Dia menjelaskan, di DPR itu berlaku Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) di mana satu masa kerja itu tidak boleh membahas lebih dari dua RUU.

Kemudian dia menambahkan jika seandainya bisa usulkan redenominasi mata uang, kemungkinan akan dibuat Pansus atau ada kekhususan. Karena menurut Agus RUU ini hanya 17 pasal dan merupakan suatu langkah strategis untuk Indonesia.

Agus mengatakan, jika tahun ini RUU Redenominasi mata uang selesai, maka 2018-2019 adalah tahun persiapan. Kemudian 2020-2024 itu periode transisi di mana BI akan memperkenalkan rupiah sebelum dan sesudah redenominasi. 

"Kemudian dalam UU akan diatur semua harga barang dan jasa, harus ada tabel harga lama dan baru," ujarnya.

Masa transisi akan dilakukan selama 7 tahun. Kemudian 2025-2028 itu masa phase out atau sudah selesai transisi dan diterapkan. "Jadi praktis jangka waktunya 11 tahun, tapi itu harus kita mulai dari sekarang persiapannya," imbuh Agus.

Agus mengatakan, BI telah meminta kepada Kementerian Keuangan dan Kemenkumham untuk memimpin dan akan mendukung BI untuk menjelaskan ke Presiden Joko Widodo. "Kalau semuanya mendukung, diharapkan bisa segera selesai," jelas dia.

Disarankan ...

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post