Senin, 08 Januari 2018

Kans Djarot Menang di Sumut Sangat Besar, Ini Alasannya



Bruniq.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengutus Djarot Saiful Hidayat untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada Sumatera Utara (Sumut) 2018.

Lantas, seperti apa peluang atau kans Djarot untuk memenangkan Pilkada Sumut? Menurut pengamat politik Arbi Sanit, mantan Gubernur DKI Jakarta itu memiliki dukungan yang sangat besar, di luar simpatisan atau pendukung PDI-P.

"Saya kira kemungkinan Djarot (menang di Pilkada Sumut) besar juga," kata Arbi kepada NNC, Minggu (7/1/2018).
Ada tiga alasan yang disebutkan Arbi, terlepas dari prestasi Djarot sebagai kepala daerah, yakni salah satunya adalah Djarot yang tak bisa lepas dari sosok mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dianggap menjadi nilai tambah.

Pasalnya, menurut Arbi, Djarot  pernah menjadi wakil gubernur mendampingi Ahok yang dikenal sebagai pemimpin yang bersih, tegas, dan terbukti berhasil membangun ibukota.

Selain itu, lanjut Arbi, peluang Djarot menang di Pilkada Sumutsangat besar karena isu SARA yang mewarnai perhelatan Pilkada DKI 2017 lalu, diprediksi tidak begitu berpengaruh di Pilkada Sumut2018.

"Pertama, keunggulan Djarot karena orang Jawa, di Sumatera orang Jawa banyak. Kemudian ada faktor Ahok didalamnya," ungkap Arbi.

"Isu SARA di sana juga kemungkinan tidak mempan seperti di Jakarta, sehingga Djarot dapat didukung oleh semua agama. Jadi meski Djarot baru diperkenalkan di Sumut, namun basis sosialnya sudah tersedia," jelasnya.

Sebelumnya, penunjukan Djarot sebagai calon gubernur untuk maju di Pilkada Sumatera Utara 2018, disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan rekomendasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk pilkada di wilayah Papua, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Lampung.

"Orang yang bagus sangat serius yang menurut saya pasti akan bisa dan tidak perlu panjang lebar saya memasukkan Pak Djarot ke sana (Sumut),” kata Megawati di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018).


Disarankan ...

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 


ads here