Kamis, 07 Desember 2017

Woww!! Pembangunan Masjid Al Faruq di Kaltim Juga Mendapat Penolakan Ulama

Bruniq.com  -Niat Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak untuk membangun masjid Al-Faruq terus mendapat penolakan.

Setelah sejumlah massa dari Forum RT Kampung Jawa dan Kelurahan Bugis Samarinda Ulu melakukan aksi demonstrasi menolak pembangunan masjid yang akan didirikan di atas lapangan Kinibalu, Jl Gunung Kinibalu Samarinda, pada beberapa waktu lalu. Kini giliran sejumlah tokoh Ulama di Samarinda menyatakan menolak pembangunan  masjid tersebut.


Rabu (6/12) siang, sejumlah tokoh berkumpul menyampaikan pernyataan penolakannya.  Hal ini didasari masifnya  perbincangan mengenai hal tersebut di media sosial.

Tak jauh berbeda dengan forum RT, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Samarinda KH Zaini Naim mengatakan, pembangunan masjid dilokasi tersebut belum terlalu diperlukan.
"Saat ini urgensi pembangunan  masjid di wilayah itu belum ada," ujar KH Zaini Naim kepada wartawan.


Hal senada diungkap juga oleh tokoh lainnya, Selamat Said Sanib. Ia menyebut, pembangunan masjid yang digagas gubernur itu mematikan ruang untuk anak-anak berkembang.

“Kami bukan pada tataran menolak pembangunan masjid atau rumah ibadah, tapi menurut kami itu belum urgent, karena di sekitarnya masih terdapat masjid,” katanya.

Berdasarkan pantauan AKURAT.CO, sekitar 150 meter dari Lapangan Kinibalu ada masjid Al Baitussalam di Markas Korem 091/ Aji Surya Natakesuma. Kemudian di Jl Gunung Merbabu berjarak sekitar 300 meter juga berdiri masjid Jami Al Maa’uun.

Untuk diketahui, Pemprov Kaltim berencana membangun Masjid Al Faruq yang akan menjadi masjid dengan total  tiga lantai dengan kapasitas 1.500 jamaah serta dilengkapi fasilitas rumah imam, guest house, ground water tank, kantin, dan pagar keliling.

Pembangunan masjid tersebut diprediksi menelan anggaran Rp 71 miliar. Di mana anggarannya telah masuk dalam RAPBD 2018. Untuk tahap awal, pemprov telah mengucurkan dana sebesar Rp2,8 miliar pada APBD Perubahan 2017.
Next article Next Post
Previous article Previous Post