Kamis, 07 Desember 2017

Woww!! Begini Jalannya Lelang Lukisan 'Kristus' hingga Terjual Rp 6 Triliun

Bruniq.com Jakarta - Lukisan karya Leonardo da Vinci yang berjudul 'Salvator Mundi' terjual hanya dalam waktu 20 menit saja. Karya tersebut dilelang di Balai Lelang Christie's New York pada 15 November lalu. 


Sebulan berlalu, lukisan yang menggambarkan Kristus itu diketahui dibeli oleh seorang Pangeran Arab bernama Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan al-Saud. Dia mengikuti lelang melalui sambungan telepon dan diwakili oleh Alex Rotter yang memimpin pelelangan. 

Selain Pangeran Bader, ada tiga penawar lainnya yang juga bersaing melalui sambungan telepon. Dealer dan kolektor utama dari seluruh dunia berkumpul untuk menonton saat itu. Penawaran pertama dibuka dengan nilai $ 100 juta (Rp 1,3 triliun) dari seorang kolektor yang tak diketahui. 



Tawaran melonjak sebesar $10 juta dan hampir mencapai angka $225 juta (Rp 3 triliun), jauh melebihi rekor sebelumnya di balai lelang. Sebelumnya lukisan Picasso 'Women of Algiers' mendapatkan predikat sebagai lukisan termahal di Christie dengan angka mencapai $179,4 juta (Rp 2,4 triliun). 


Harganya pun naik lagi $5 juta dan mencapai $260 juta (Rp 3,5 triliun), kurang dari dua menit dibuka lelang. Lalu ada dua penawar anonim yang tersisa. Harganya naik perlahan dengan penambahan $2 juta dengan total $330 juta lalu meletuslah harga senilai $350 juta (Rp 4,7 triliun). 


Namun, karena biaya pengepakan barang, pengiriman, dan lain-lain, harga lukisan totalnya menjadi $450 juta (Rp 6 triliun) di waktu pelelangan 19 menit. 
Next article Next Post
Previous article Previous Post