Kamis, 07 Desember 2017

TEGAS!! Jokowi: Saya dan Rakyat Indonesia Tetap Bersama dengan Rakyat Palestina

Bruniq.com  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat terkait penetapan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.
Hal tersebut terlihat dari postingan akun Instagram @jokowi pada Kamis (7/12/2017).
"Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat terhadap Jerusalem sebagai ibu kota Israel. Pengakuan itu melanggar resolusi DK dan Majelis Umum PBB. Saya dan rakyat Indonesia tetap konsisten bersama rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya," tulis akun @jokowi.


Reaksi Presiden Jokowi tersebut bermula ketika Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dalam pidatonya mengakui Yerusalem sebagai ibu Israel.
Donald Trump mengatakan tidak ingin mengganggu upaya negosiasi damai Israel-Palestina dengan keputusannya untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.
Dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, AS menjadi negara pertama yang melakukannya sejak pendirian negara Israel pada 1948.
Seperti yang diketahui, Jerusalem merupakan kota suci bagi tiga agama, yakni Islam, Kristen, dan Yahudi.
Mereka hidup berdampingan dengan damai di kota tersebut, lantaran sama-sama merasa memiliki nilai histori dengan Jerusalem.
Kota ini dikelilingi tembok batu dan menjadi situs-situs suci di dunia.
Sesuai resolusi PBB, Jerusalem ditetapkan sebagai status quo sebagai langkah damai antara Palestina dan Israel.

Hingga berita ini diturunkan, postingan tersebut telah disukai lebih dari 64 ribu dan mendapat 1.303 komentar.
Sebagian dari netizen setuju dengan pernyataan sikap Presiden Jokowi dan mendukungnya.
@yusuprhmn_: Kalo bapa ikut berperan dan berhasil menggagalkan amerika mindahin ibukota israel ke jerusalem, saya janji pilpres nanti pilih bapa jd presiden lagi.
@jash_cobareg: Setuju pak presiden. Wujudkan keikutsertaan dalam melaksanakan ketertiban dunia untuk mewujudkan perdamaian dan kemerdekaan abadi. Dan tentu saja membela agama Islam yang sesungguhnya.
@ira123reynurri: Saya setuju dgn bapak. Gunakan kekuasaan yg bpk miliki skrg untuk mbantu org lain krna yg brkuasa memiliki kmampuan lebih untuk itu. Tetaplah jadi pemimpin yg brhati mulia. Derita org lain yg tertindas dan teraniaya di ambil haknya diambil kbahagiannya itu rasanya menyakitkan. Bantulah mereka pak krna bpk memiliki bnyak ide dan anak buah.
@vndemonium3: Mas trump kurang jauh maennya pakde..hadeeh..ndableg.

@maditama81: Ayo pak buktikan janjimu ke rakyat palestina.
@angga.fzn6: Allahu akbar!!.
@rezaindm: Bangga.
@irpanrafsyanjani: Love love pak jokowi figur yg sgt menginspirasi.
@mfadhilrofianza: Bangga kepada mu Pak Presiden. Konsisten terus ya oak bela Palestina dan Islam,, semangat pak presiden!! Lawan Amerika dan negara yang mendukung penindasan!! Lawan negara yang pro-kafir dan kontra Muslim!!.
@mariina__02: Penjajahan di dunia harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
@yosua.bastian: Saya nasrani, sedih rasanya meskipun bukan saudara seiman, tapi rakyat palestina dijajah seperti itu, dia punya hak! Indonesia tetap dengan setia membela negara yg ditindas! kelewatan banget pemerintah Israel!! Bangga jadi orang indonesia karena kita belajar teloransi di negara kita sendiri. Semangat pak.
Seperti diberitakan sebelumnya, selain menyatakan pihaknya tetap mendukung dan berada di sisi Palestina, Presiden Jokowi juga mengambil beberapa langkah terkait pengakuan sepihak AS ini.
Seperti meminta Amerika Serikat mempertimbangkan lagi keputusannya.
Ia juga mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara OKI, agar OKI segera mengadakan sidang khusus terkait pengakuan Amerika Serikat ini.

Jokowi juga mengaku pihaknya telah meminta PBB agar segera melakukan sidang dan menyikapi pengakuan sepihak AS.
Presiden Jokowi juga telah memanggil langsung duta besar Amerika Serikat untuk menyampaikan pernyataan sikap Indonesia.
Jokowi menilai pengakuan sepihak Amerika Serikat tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Kemananan dan Majelis Umum PBB, di mana Amerika Serikat menjadi Anggotanya.
Presiden Jokowi juga mengatakan pengakuan tersebut bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia.

Disarankan ...

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post