Kamis, 14 Desember 2017

Oalah!! "Lagu Lama" Penyebab Genangan di Jalan Rasuna Said...

Bruniq.com- Tingginya genangan di Jalan HR Rasuna Said pada Senin (11/12/2017), membuat terkejut banyak pihak, tak terkecuali Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menindaklanjuti itu, Anies mengecek Jalan HR Rasuna Said, tepatnya di depan Wisma Tugu, untuk mencari tahu penyebab munculnya genangan, Rabu (13/12/2017).


Setelah dicek, penyebabnya bisa dibilang 'lagu lama'. Lagi-lagi, karena kabel utilitas yang ada di dalam saluran air. Anies mendapati banyak kabel di dalam dan ujung tali air.


Adapun tali air di Jalan Rasuna Said menjadi penghubung air dari tengah jalan raya ke saluran yang lebih besar di pinggir trotoar.


"Anda lihat kabelnya banyak sekali seperti penahan. Kalau Anda lihat, di sebelah sana lebih banyak lagi," ujar Anies.



Dia memperlihatkan kabel di ujung tali air yang membuat aliran air menjadi terhambat. Kabel-kabel tersebut nampak seperti saringan yang menahan lumpur dan mengalir bersama air.


Semakin lama, lumpur makin menumpuk di kabel tersebut. Air tidak bisa lagi masuk ke saluran besar. Akhirnya, air meluap ke jalan dan menyebabkan genangan.


"Di ujungnya ada kayak saringan nih jadinya. Ada tanah-tanah (lalu) mampet," kata Anies.


Masalah lama

Sebenarnya, masalah kabel di saluran air sudah berlangsung bertahun-tahun. Anies menerima laporan, persoalan ini sudah mengganggu sejak tiga tahun terakhir.


Anies heran masalah ini tidak kunjung selesai.

"Menurut mereka (Dinas Sumber Daya Air) sudah tiga tahun. Saya juga akan panggil mereka, apa sih kendalanya? Kok bertahun-tahun tidak selesai? Cuma kabel ini," ujar Anies.


Pada 2016, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pernah mendorong para pengusaha membuat  ducting untuk merapikan kabel fiber optik yang tertanam di jalanan Jakarta. Sebab kabel-kabel itu menyebabkan genangan di sejumlah titik di Jakarta.

Pasukan oranye atau petugas PPSU Kelurahan Kuningan Barat menemukan gulungan kulit kabel, di gorong-gorong Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.
Pasukan oranye atau petugas PPSU Kelurahan Kuningan Barat menemukan gulungan kulit kabel, di gorong-gorong Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. (Kompas.com/Kurnia Sari Aziza)
Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono juga pernah mengatakan hal yang sama. Pemasangan kabel-kabel utilitas di dalam saluran air di Jakarta, semrawut. Dia mengatakan, 90 persen saluran air di Jakarta kondisinya seperti itu.



Anies bertekad menyelesaikan persoalan kabel ini. Dia akan memanggil pemilik kabel-kabel fiber optic yang ada di lokasi itu.


Anies akan mencari solusi menggeser kabel-kabel itu, sehingga ketika air hujan mengalir, alirannya tidak terhambat.




"Kami tidak ingin korbankan warga Jakarta hanya karena kabel tidak bisa dipindah posisi, pindahnya bukan dipindah jauh-jauh, hanya digeser saja," katanya.


Disarankan ...

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 


ads here