Rabu, 13 Desember 2017

Keberpihakan!! Banjir, Anies bakal gusur rumah warga bantaran kali di Jati Padang

Bruniq.com- Wilayah yang rawan banjir di Jakarta salah satunya ialah Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pada Senin (11/12), 23 warga di kawasan ini mengungsi di musala karena rumahnya terendam banjir. Penyebab banjir ialah jebolnya tanggul sungai.


Di pinggir sungai tersebut terdapat beberapa bangunan rumah warga. Sebagai salah satu solusi jangka panjang menangani banjir, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan rencananya membongkar rumah warga tersebut.

Anies mengatakan jika tak dibongkar, banjir akan selalu terjadi. Sungai juga ada yang tertutup dan di atasnya dijadikan lokasi pembangunan rumah. "Jadi istilah mereka adalah sungai hilang karena memang hilang. Kita jalan itu tertutup seratus persen. Lebarnya kira-kira tinggal 1 meter. Jadi selama problem itu masih ada selalu kita akan temui," jelasnya, Rabu (13/12).

Saat menginspeksi tanggul di Jati Padang tadi pagi, ia juga bertemu warga yang rumahnya tepat di pinggir sungai. Kepada warga ia mengutarakan keinginannya melakukan pembongkaran.

Jika tak digeser dan dibongkar, keberadaan bangunan itu menghalangi aliran sungai. "Saya bicara kalau kita harus perbaiki ini ibu harus geser, tidak mungkin tidak karena rumahnya ibu sudah menghalangi aliran sungai dan saya bilang pada beliau ini bukan soal melanggar aturan tapi ibu tega tidak melihat tetangga pada kebanjiran seperti itu," terangnya.

Karena keberadaan rumah di pinggir sungai itu, warga yang lain selalu kebanjiran. Menurut Anies, warga yang tinggal di pinggir sungai sepakat untuk dibongkar.

"Tadi saya ngomong ke beberapa orang ini bukan soal mentaati peraturan, perda, pergub, bukan sekedar itu," ujarnya.

"Ini menyelamatkan tetangga, bahwa tetangga sengsara terus selama setiap musim hujan. Dan ternyata di daerah itu sudah setiap tahun terjadi begitu. Tapi sudah disampaikan ke semua karena itu terjadi setiap tahun bukan berarti lalu terbiasa dan didiamkan. Justru karena ini terjadi setiap tahun, maka solusinya dalam jangka panjang, bukan jangka pendek," sambungnya.

Dalam waktu dekat ia akan memanggil Wali Kota Jakarta Selatan, camat dan lurah membahas pembongkaran ini. Ia juga akan mengajak jajarannya melihat dari dekat satu per satu rumah di pinggir sungai dan berbicara dengan warga.

"Saya akan datangi lagi tempat itu. Dan kita akan memastikan bahwa tidak ada lagi hambatan aliran sungai di daerah itu," tandasnya.

Disarankan ...

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post