Rabu, 13 Desember 2017

Ini Ke- 3 Nama Calon Ibu Kota RI Dikirim ke Jokowi Akhir 2017, Menurut Anda?

Jakarta - Pemerintah sedang menyiapkan kota baru pengganti Jakarta sebagai ibu kota. Proses pengkajian telah berjalan dan melibatkan antara lain Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappaneas) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).


Menurut Kepala Badan Penilitan dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis H Sumadilaga, ada beberapa daerah yang dikaji sebagai lokasi calon ibu kota baru.


"Masih tetap tiga kandidat," ujar Danis kepada detikFinance, Rabu (13/12/2017).



Danis menolak menyebut identitas tiga kandidat tersebut. Namun, dia memastikan calon ibu kota baru itu bukan di Jawa.


"Yang pasti di luar Jawa," tutur Danis.


Bambang menambahkan, kajian tersebut terkait dengan lokasi, skema pembiayaan, perkiraan kebutuhan. Tapi hal tersebut belum terkait desain kotanya.


Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pernah mengatakan ada tiga provinsi yang dikaji sebagai lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta.



"Ada tiga (wilayah). Di Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Kalimantan Selatan (Kalsel)," kata Basuki beberapa waktu lalu.


Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menjelaskan proses kajian selesai akhir Desember nanti, dan dilaporkan ke Presiden Jokowi.


"Daerah a,b,c. Saya harus lapor dulu ke presiden. Akhir Desember selesai, baru lapor presiden. Sekarang hampir selesai," tuturnya, usai Sarasehan 100 Ekonom 2 di Grand Sahid, Jakarta, Selasa malam (12/12/2017).


"Lokasi, termasuk skema pembiayaan, perkiraan kebutuhan, dan lain-lain. Tapi belum sampai desain mengenai kotanya," pungkas Bambang. 


Disarankan ...

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 


ads here